Kriminalitas Tabalong

Satu Pelaku Pencurian Komponen Menara Pemancar Sinyal di Kabupaten Tabalong Dibekuk, 2 DPO

Pelaku pencurian komponen menara komunikasi ditangkap petugas Polres Tabalong di Desa Solan, Kecamatan Jaro, dua orang pelaku lainnya DPO.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
HUMAS POLRES TABALONG UNTUK BPOST
Pelaku pencurian komponen menara, MS alias Caklik (38), kini diamankan di Polres Tabalong, Kalimantan Selatan, Kamis (4/8/2022). Inset: Lokasi kejadian, yaitu menara pemancar sinyal yang jadi sasaran pencurian. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Jajaran Polres Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan terhadap komponen menara pemancar sinyal.

Satu pelaku, MS alias Caklik (38), telah ditangkap. Sedangkan 2 orang rekannya, MJ dan HR, warga Desa Solan, Kecamatan Jaro, masuk dalam DPO Polres Tabalong, Kalsel.

Disampaikan Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, didampingi Kasatreskrim, Iptu Galih Putra Wiratama, pelaku MI alias Caklik (35) diamankan di kediamannya di Desa Solan, Kecamatan Jaro, Senin (1/8/2022) malam.

Pelaku diduga melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan mencuri komponen menara milik PT Epid Menara Assetco (EMA).

Baca juga: Dua Pekan Kabur dari Lapas Banjarmasin, Napi Asal Palangkaraya Ini Belum Ditemukan

Baca juga: Angkut Ulin Ilegal dengan Mobil Boks, 2 Pelaku Diamankan Saat Melintas di Kabupaten Tabalong

Baca juga: Badan Jembatan di Tabalong Ambruk ke Sungai, Warga Sementara Gunakan Jembatan Lain untuk Menyeberang

Menara pemancar sinyal ini berlokasi di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, dan pencurian yang dilakukan pelaku pada 25 Juli 2022, dilaporkan ke Polres Tabalong pada 1 Agustus 2022.

Sedangkan pihak PT EMA selaku korban dalam pencurian ini mengalami kerugian diperkirakan kurang lebih sebesar Rp 50 juta. 

Dari pemeriksaan terungkap, pelaku sebelumnya pernah dipergoki warga saat mencuri material menara yang berada di jalan Provinsi Desa Garagata Rt 07, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.

"Dari pengakuannya, caklik telah berkali-kali melakukan pencurian material pada menara tersebut," bebernya.

Baca juga: Angkut Ulin Ilegal dengan Mobil Boks, 2 Pelaku Diamankan Saat Melintas di Kabupaten Tabalong

Baca juga: Kena Razia di Karawang, Dua Calon Tenaga Kerja Asal Kabupaten Tapin Dipulangkan

Baca juga: Tangani Dugaan Kejahatan Skimming, Ditreskrimsus Polda Kalsel Minta Kesaksian Pegawai IT Bank Kalsel

Diketahui, pelaku beraksi bersama dua kawannya. Namun, belum berhasil diamankan dan sekarang masuk dalam DPO Polres Tabalong

“Saat ini pelaku sudah diamankan di Polres Tabalong untuk proses hukum lebih lanjut dan turut disita barang bukti berupa potongan besi,drum solar, gergaji besi, kunci inggris dan tang," katanya.

Pelaku MS dijerat pasal 363 KUH Pidana ayat 1 ke - 4e dan 5e KUH Pidana karena melakukan pencurian secara bersama-sama dan dengan cara merusak dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 7 tahun penjara.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved