Berita Banjarbaru

Berpotensi Berikan Pendapatan Miliaran Rupiah, BPSDMD Kalsel Diusulkan Jadi BLUD

Pemprov Kalsel merencanakan menjadikan BPSDMD Kalsel di Jalan Panglima Batur Banjarbaru menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Gedung BPSDMD Kalsel di Jalan Panglima Batur, Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merencanakan menjadikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel di Jalan Panglima Batur Banjarbaru menjadi Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD).

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, rencana tersebut  dilakukan untuk meningkatkan meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Kalsel.

"Karena tidak ada pengangkatan CPNS di tahun ini jadi kemungkinan penggunaan kamar dan pelatihan bagi PNS di BPSDMD itu akan turun, tapi kita sudah menyiasatinya dengan menjadikan BPSDMD menjadi BLUD," ujarnya, Jumat (5/8/2022).

Roy mengatakan, selama ini BPSDMD Kalsel digunakan oleh ASN di pemerintah provinsi hingga kabupaten kota bahkan PNS kejaksaan. Dengan itu, potensi pendapatan BPSDMD cukup besar.

Baca juga: Badan Pengelola Tapera dan REI Audiensi dengan Pemprov Kalsel Bahas Rumah untuk MBR

Baca juga: Banyak Aplikasi Pemprov Kalsel Belum Terintegrasi, Biaya Pembuatan Ratusan Juta Rupiah

"Kita dorong BPSDMD menjadi BLUD sehingga mereka bisa meningkatkan bisnisnya dan PAD meningkat, efisiensi anggaran juga bisa dilakukan," tambahnya.

Sementara Kepala BPSDMD Kalsel, Mujiyat melalui Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional pada BPSDMD Kalsel, Ahmad Bagiawan mengatakan potensi peningkatan PAD bersumber dari BLUD BPSDMD Kalsel cukup besar. 

Dari gelaran pelatihan untuk ASN setiap tahunnya pihaknya bisa mengumpulkan pendapatan sekitar Rp2 7 miliar di 2021 lalu.

"Apalagi jika jadi BLUD, kita bisa menggelar pelatihan tidak hanya untuk ASN pemerintahan, tapi juga untuk swasta dan semua potensi sarana di BPSDMD juga bisa maksimalkan untuk pendapatan," bebernya.

Terlebih BPSDMD Kalsel yang masuk dalam BPSDMD di Indonesia yang bisa menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang sudah dipercaya Lembaga Administrasi Negara (LAN). 

"Dari Kalteng juga pelatihan di kota, bahkan nanti juga dari Sorong Papua Barat juga akan pelatihan di sini," ujarnya 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved