Ekonomi dan Bisnis

Produk Perikanan Kalimantan Selatan Diekspor ke Empat Negara Ini

Eskpor produk perikanan Kalsel pada bulan Juni kemarin, pengiriman ke Japan, China, United Kingdom dan Thailand. 

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BALAI KARANTINA IKAN BANJARMASIN
ILUSTRASI - Ekspor produk perikanan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sampai saat ini tidak ada kiriman ekspor barang dari Kalimantan Selatan ke Kazakhtstan.

Hal ini setelah dilihat dari data di Dinas Perindag Kalsel.  Dari data, diketahui bahwa baik dirwct ekspor maupun indirect ekspor masih belum ada. Paling banyak tujuannya masih di Asia. 

Tapi banyak juga yang dikirim ke kawasan eropa tergantung komoditas apa yang dikirim.

Dari data, tiga besar dari peoduk karet alam di Kalel dikirim ke Jerman, Jepang dan Kanada. Untuk produk kelapa sawit selama ini berkutat dikirim ke Pakistan, Oman, China, Vietnam, India dan Singapura. 

Produk kayu, ada 20 negara di dunia, namun juga tidak ada Kazakhtstan di dalaamnya. Tiga terbanyak kiriman perduk kayu yakni dikirim ke Japan, United States, Korea, Taiwan dan Belanda.

Baca juga: Dubes Kazakhstan Kejar Target 400 Juta Dolar AS, Meningkat Dibanding 2 Tahun Sebelumnya

Baca juga: Tangani Dugaan Kejahatan Skimming, Ditreskrimsus Polda Kalsel Minta Kesaksian Pegawai IT Bank Kalsel

Adapun tujuan negara tersering untuk produk rotan adalah Belanda, Jepang, Prancis, dan China. 

Eskpor produk perikanan Kalsel pada bulan Juni kemarin, pengiriman ke Japan, China, United Kingdom dan Thailand. 

Jika produk tambang batu bara, pangsapasar dari Kalsel ke negara tujuan, yakni lima besar, dikirim ke India, China, Malaysia, Lhilipina, Jepang. 

Kepala Dinas Pedagangan Kalsel, H Birhasani, Kamis (4/8/2022), menjelaskan, jika melihat potensi dari Kazakhtstan, potensi ada di sektor perikanan dan sawit.

Tapi, sambung Birhasani, ini kembali lagi tergantung ke pengusahanya. "Sebab, ekspor ini pengusaha asing juga perlu pertimbangkan bebagai hal, termasuk dari segi keekonomian dan kualitas," jelasnya.

Baca juga: Masih Stabil, Ini Harga Emas Batangan dan Perhiasan Dua Hari Terakhir di Banjarmasin

Baca juga: Dua Pekerja Migran Asal Tapin Diamankan, Kadisnaker Akui Sudah Kantongi Nama Calo

Pihaknya akan respon dan makin mendukung baik, jika ada niatan dari Duta Besar Kazakhtstan untuk membawa para pengusahanya ke Kalsel langsung. 

"Sebelumnya, Kalsel malah kedatangan duta Mesir, melihat langsung. Jika seperti ini, maka akan ada diketahui  apa yang dimaui pedagang dari Kazakhtstan dan kita tinggal menyiapkannya. Termasuk sektor perikanan yang katanya di sana (Kazakhtstan) tidak ada pantai lautan," jelasnya. 

Bahkan jika ada kedutaan datang bersama pengusaha, maka bisa dibawa ke lokasi bagaimana ke perikanananya jika itu produk ikan, bagaimana ke perkebunaannya langsung jika itu soal kebun. 

"Malah syukur-syukur, jika ada yang nanfinya akan investasi di sini seperti temu dagang dengan kedutaan Mesir kemarin, yang kemudiaan tertarik juga untuk investasi di Kalsel," jelas Birhasani

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved