Berita Regional

Roadshow Relaunching Tribunpadang.com, News Director Tribun Network Ngevlog di Agrowisata

Kota Keempat Roadshow relaunching Tribunpadang.com, News Director Tribun Network Ngevlog di Agrowisata Sungai Lareh Bersama Wako Padang

Editor: Hari Widodo
tribunpadang.com
News Director Tribun Network Ngevlog di Agrowisata Sungai Lareh Bersama Wako Padang, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PADANG - Roadshow relaunching Tribunpadang.com berlanjut, Kamis (4/8/2022). News Director Tribun Network, Febby Mahendra Putra mendatangi Kota Padang yang merupakan kota keempat dalam rangkaian roadshow tersebut.

Febby berkesempatan berbincang dengan Wali Kota Padang, Hendri Septa yang sedang berada di Agrowisata Sungai Lareh, Kota Pekanbaru. Ia pun mengajak Hendri untuk Ngevlog pada kesempatan itu.

Keduanya berbincang santai beralas tikar di rerumputan agrowisata. Hendri menceritakan bahwa kehadirannya di lokasi untuk melihat kesiapan lokasi itu sebagai lokasi acara penanaman pohon durian Padang dalam Rakernas XV Apeksi tahun 2022.

Hendri pun menyuguhkan durian tersebut yang warnanya layak tembaga. Baginya ajang Rakernas Apeksi sangat berdampak bagi pelaku UMKM di Kota Padang.

Menurutnya, pelaku UMKM punya peran dalam menguatkan tonggak ekonomi di Kota Padang.

Ia menhabarkan bahwa ada sekitar 40 ribu pelaku UMKM di bidang jasa, makanan ringan, rumah makan serta bidang lainnya.

"Semuanya bergerak dengan baik, kami pemerintah hadir untuk membantu pelaku UMKM mengakses permodalan, dinas terkait juga berupaya menjembatani antara UMKM dengan calon pembeli produknya," ulasnya.

Dirinya menceritakan bahwa satu kali berbincang dengan banyak pengrajin sandal lokal. Ia menyebut bahwa saat mendatangi workshop mereka punya harapan bisa masuk ke pasar perhotelan. Tapi sayang belum punya akses ke pengelola hotel.

"Kami pun menjembatani pelaku UMKM dengan pemilik hotel agar membeli produk UMKM tersebut, dari pengrajin lokal. Keduanya pun sepakat sehingga pihak hotel tidak membeli sandal dari pengrajin luar kota," jelasnya.

Dalam perbincangan singkat itu, pada 7 Agustus 2022 mendatang pelaku UMKM menyambut postif ajang Rakernas Apeksi di Kota Padang. Ada rencana 97 orang wali kota dari berbagai daerah di nusantara datang ke Kota Padang.

Para rombongan yang memenuhi undangan dalam Rakernas Apeksi ke XV tahun 2022 bakal berada di Kota Padang selama satu pekan. Satu lokasi yang bakal dikunjungi yakni Agrowisata Sungai Lareh, yang menjadi lokasi banyak tanaman untuk pengembangan pertanian di Kota Padang.

"Jadi para wali kota bakal melakukan penanaman bersama durian padang di areal tersebut," ujarnya.

News Director Tribun Network, Febby Mahendra Putra menyampaikan bahwa kehadirannya untuk
mengundang Wali Kota Padang dalam kegiatan talk show yang digelar dalam Relaunching Tribunpadang.com. Satu bahasan yakni upaya meningatkan UMKM agar bisa menembus pasar ekspor.

Para wali kota bisa menyampaikan produk unggulan UMKM ke kancah nasional. Ia menyebut bahwa talkshow ini bisa menjadi ajang para kepala daerah di Provinsi Sumatera Barat menyampaikan produk UMKM unggulan di daerahnya.

Apalagi pada tahun ini Kota Padang menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi. Dua orang menteri bakal hadir secara virtual dalam talkshow tersebut yakni Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki dan Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan

Ada sepuluh wali kota bakal hadir dalam talkshow yang berlangsung pada 10 Agustus 2022 mendatang. Mereka di antaranya Wali Kota Medan, Bobi Nasution dan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Ada juga para wali kota di Provinsi Sumatera Barat. "Jadi direncanakan, total ada sepuluh wali kota total hadir dalam talkshow kali ini," paparnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved