Btalk BPost

BTALK Mom & Kids 6 Agustus 2022, Menyusui Itu Menyenangkan

Perbincangan mengenai hal ini menjadi tema di BTalk Mom & Kids pada Sabtu 6 September 2022 pukul 16.00 Wita bersama Aziza Fitriah MPsi, Dosen UMB.

Penulis: Salmah | Editor: M.Risman Noor
capture Youtube Banjarmasin News Video
Perbincangan mengenai menyusui menjadi tema di BTalk Mom & Kids pada Sabtu 6 September 2022 pukul 16.00 Wita bersama Aziza Fitriah MPsi, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mempunyai bayi menjadi dambaan pasangan suami-istri. Apalagi bayi itu merupakan anak pertama. Namun kadang masalah muncul bagi ibu saat menyusui. Padahal menyusui sangat penting bagi kesehatan bayi.

Masalah tersebut berkaitan psikologis sang ibu. Bagaimana agar menyusui menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sang ibu?

Perbincangan mengenai hal ini menjadi tema di BTalk Mom & Kids pada Sabtu 6 September 2022 pukul 16.00 Wita bersama Aziza Fitriah MPsi, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Dipandu host jurnalis Banjarmasin Post Tania Anggrainy, acara berbagi ilmu ini tayang live di Instagram Banjarmasin Post, Facebook Bpost online dan Youtube Banjarmasinpost News Video.

Dikatakan Aziza, tidak ada cairan hidup yang bisa mengalahkan ASI. Sebab itu jika memang mampu menyusui secara langsung maka susuilah anak kita.

Baca juga: Intip Kado Mewah dari Rizky Billar untuk Lesti Kejora, Sampai Minta Maaf Tak Bisa Belikan Yang Baru

Baca juga: Mau Dapur Kecil Terlihat Jadi Lebih Besar, Ini Langkah Menyiasatinya

"Fitrah ibu adalah melahirkan dan menyusui. Namun harus dilihat pula bagaimana kondisi kesehatan ibu dan bayi, apakah bisa menyusui dan disusui. Sebab bagi yang terkendala penyakit tertentu maka hal itu tak bisa dilakukan," jelasnya.

Sebab itu tantangan pemberian ASI sering dirasakan sangat berat oleh beberapa ibu. Sementara menyusui itu adalah pengalaman yang menyenangkan.

"Secara psikologis, melalui proses menyusui itu ada perasaan dicintai, dibutuhkan," jelas Aziza.

Keuntungan menyusui dalam jangka pendek adalah oksitosin yaitu membangkitkan suasana nyaman, relaks tanpa harus healing ke manapu.

"Selain itu terbangunnya kelekatan ibu dan anak," kata Aziza.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved