Berita Banjarmasin

Enam Nama Calon Anggota Bawaslu Kalsel Dikirim ke Bawaslu RI, Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan

Timsel Calon Anggota Bawaslu Kalsel Kirimkan 6 Nama Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan ke Bawaslu RI

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Sekretariat Timsel Bawaslu Kalsel untuk BPost
Tahapan pendaftaran seleksi calon anggota Bawaslu Kalsel di Sekretariat Timsel Kalsel, Selasa (5/7/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel Masa Jabatan Tahun 2022-2027 dapat dikatakan telah merampungkan tugasnya dalam melaksanakan sosialisasi hingga tahapan seleksi di Kalsel.

Ini setelah Timsel menerbitkan Pengumuman Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara Calon Anggota Bawaslu Kalsel di pekan pertama Bulan Agustus Tahun 2022 ini.

Dimana tes kesehatan dan wawancara merupakan tahapan seleksi terakhir yang menjadi tugas Timsel.

Dalam surat tersebut, enam nama yang lolos yakni Akhmad Mukhlis, Aries Mardiono, Arif Mukhyar, Des Rizal Rachman Rofias, Muhammad Radini dan Tri Widoyati.

Baca juga: Tes Tertulis dan Psikologi Rampung, 12 Orang Tersisa Kandidat Calon Anggota Bawaslu Kalsel

Baca juga: Limpahkan Perkara Korupsi Dana Hibah Bawaslu Banjar, Polisi Giring Mantan Bendahara ke Kejaksaan

Dari keenam nama itu, hanya satu peserta seleksi wanita tersisa yakni Tri Widoyati.

Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel Masa Jabatan Tahun 2022-2027, Prof Dr Hadin Muhjad mengatakan, daftar berisi enam nama tersebut bakal diserahkan ke Bawaslu RI.

"Besok Timsel akan menyerahkan langsung ke Bawaslu RI. Kami dijadwalkan menyerahkan hasil seleksi di daerah Tanggal 10 Agustus," ujar Prof Hadin dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Senin (8/8/2022).

Keenam peserta seleksi yang lolos tes kesehatan dan wawancara tersebut kata Prof Hadin bakal menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Bawaslu RI.

Tahapan itu bakal dilaksanakan mulai Tanggal 1 September hingga nantinya diumumkan hasil seleksi akhir pada Tanggal 12 September.

Pada tahapan seleksi ini kata Prof Hadin memang hanya dicari 3 anggota Bawaslu Kalsel, artinya dari daftar tersebut hanya 3 yang akan dipilih dan sisanya bakal menjadi pengganti antar waktu (PAW).

Baca juga: Tes Tertulis dan Psikologi Rampung, 12 Orang Tersisa Kandidat Calon Anggota Bawaslu Kalsel

Terpisah, Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra mengatakan, seleksi Calon Anggota Bawaslu Kalsel kemungkinan bakal dilaksanakan kembali di Tahun 2023 untuk mencari lagi 2 komisioner.

"Karena ditentukan oleh DPR dan Bawaslu RI, untuk seleksi akan dimulai setelah masa jabatan Komisioner sebelumnya selesai. Yang sebelumnya kan pertama 3 orang dilantik lalu setahun setelahnya 2 orang dilantik. Jadi sekarang juga demikian," kata Dahsya. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved