Berita Banjarmasin

Data Pencari Kerja di Kota Banjarmasin Menurun, Diskopumker : Banyak yang Tidak Bikin Kartu AK1

Pasca pandemi Covid-19, para pencari kerja di Kota Banjarmasin yang terdata oleh Diskopumker Banjarmasin justru turun pada 2022 ini

Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/rifki sulaiman
Kantor Diskopumker Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pasca pandemi Covid-19, para pencari kerja di Kota Banjarmasin yang terdata oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskopumker) Kota Banjarmasin justru turun pada Tahun 2022.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, dan Penempatan Kerja (P3K), Sri Rusnani. Ia mengatakan, hal tersebut diambil dari rekapan data Diskopumker Banjarmasin.

“Dari data terdaftar yang sudah kami rekap, mulai bulan Januari sampai bulan Juni tahun 2022, total pencari kerja Kota Banjarmasin yakni 985 orang,” katanya, pada Selasa (9/8/2022).

Sedangkan data pencari kerja pada bulan Juli, menurut Sri, yang tercatat ada di angka 454 orang. 

Baca juga: Banjarmasin Job Fair 2022 Dibuka, Langsung Diserbu Pencari Kerja

Baca juga: Penyuluhan Pelatihan Pencari Kerja, Kadiskominfosandi HSU Ungkap Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi

Sebelum pandemi, menurut penuturan Sri, jumlah pencari kerja di Kota Banjarmasin bisa menyentuh angka 5.000 hingga 6.000 orang per tahunnya.

Kemudian, dari pantauan data tersebut, jumlah pencari kerja yang terdaftar di Diskopumker pada tahun 2021 ada sebanyak 1.856 orang. 

“Soalnya kan tahun 2021 itu perusahaan banyak tidak membuka lapangan pekerjaan karena pandemi.” tandasnya.

Sri menerangkan, data yang terdaftar tersebut, diambil berdasarkan jumlah dari pencari kerja yang membuat kartu pencari kerja atau Kartu AK1.

“Jadi ada banyak masyarakat yang belum bekerja tidak membuat kartu AK1, akhirnya data mereka tidak terdaftar di tempat kami,” jelasnya.

Baca juga: Anggaran Terbatas, BLK Kotabaru Tak Mampu Menampung Minat Pencari Kerja

Di lain sisi, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel pada 2021 mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Banjarmasin sebesar 8,47 persen, dengan jumlah penduduk pengangguran/mencari kerja berjumlah 28.920 jiwa.

Hal itu menjadi penyebab angka pengangguran di Kota Banjarmasin menjadi yang tertinggi pada Provinsi Kalimantan Selatan. (Banjarmasinpost.co.id/soelaiman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved