Bank Kalsel

Bank Kalsel Latih Pelaku UMKM Kelola Keuangan Secara Profesional

Para pelaku UMKM mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Bank Kalsel dan Forum Wartawan Ekonomi Kalsel.

Editor: Eka Dinayanti
Forum Wartawan Ekonomi Kalsel
Foto bersama FWE bersama narasumber dan Moderator dalam kegiatan Pelatihan Ayo Jadi UMKM Digital. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diingatkan agar rutin mencatat transaksi usaha secara konsisten.

Dengan begitu maka akan banyak keuntungan yang didapatkan.

Soal pencatatan tersebut disampaikan Divisi Ultra Mikro Kecil Bank Kalsel, Muhammad Aris Zulkarnain, saat menjadi pemateri pada Pelatihan Ayo Jadi UMKM Digital dengan tema Naik Kelas UMKM-nya, Bangkit Ekonomi Banua, Selasa (9/8/2022).

“Kalau transaksi usahanya dicatat secara konsisten keuntungan pertama kita adalah bisa melihat secara real berapa omset hingga keuntungan usaha yang sedang dijalankan,” jelasnya.

Divisi Ultra Mikro Kecil Bank Kalsel, Muhammad Aris Zulkarnain,menyampaikan materi pada Pelatihan Ayo Jadi UMKM Digital.
Divisi Ultra Mikro Kecil Bank Kalsel, Muhammad Aris Zulkarnain,menyampaikan materi
pada Pelatihan Ayo Jadi UMKM Digital. (Forum Wartawan Ekonomi Kalsel)

Tambah Aris, dengan adanya catatan transaksi usaha maka akan bermanfaat saat mengajukan permodalan di perbankan, sebab bank mudah melakukan penilaian melalui data transaksi keuangan tersebut.

“Bahkan bukan tidak mungkin nilai kreditnya naik dari yang diajukan sebelumnya, karena bank melihat besarnya keuntungan dari pencatatan transaksi usaha yang dilakukan,” ungkapnya.

Aris juga menyarankan agar jika keuangan usaha dan keuangan pribadi tergabung jadi satu, maka hendaknya pelaku UMKM membatasi pengambilan uang dari keuangan usahanya.

“Ambil secukupnya saja, sesuaikan dengan keuntungan usaha dan jangan berlebihan. Kalau berlebihan akan memengaruhi bisnis yang dirintis nantinya,” ingatnya.

Divisi Ultra Mikro Kecil Bank Kalsel, Muhammad Aris Zulkarnain, menyampaikan materi pada Pelatihan Ayo Jadi UMKM Digital.
Divisi Ultra Mikro Kecil Bank Kalsel, Muhammad Aris Zulkarnain, menyampaikan materi pada
Pelatihan Ayo Jadi UMKM Digital. (Forum Wartawan Ekonomi Kalsel)

Aris adalah salah satu dari empat pemateri.

Pemateri lainnya dari OJK Regional 9 Kalimantan tentang Mengenal Pinjaman Online (Pinjol) dan Beragam Fasilitas Kredit yang Legal Untuk Pengembangan UMKM.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved