Berita HSU

Kuliner Kalsel : Nikmatnya Kelapa Bakar di Desa Tayur HSU, Berkhasiat Untuk Tubuh

kelapa muda kini juga dinikmati dengan cara dibakar lalu dicampur dengan berbagai bahan lain sehingga memiliki khasiat untuk tubuh

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Warung Kelapa muda bakar di desa Tayur Kabupaten HSU, Kalsel. 

BANJARMASINPIST.CO.ID, AMUNTAI - Kelapa muda kini tak hanya dinikmati dengan campuran es batu dan juga sirup serta susu.

Namun, kelapa muda kini juga dinikmati dengan cara dibakar lalu dicampur dengan berbagai bahan lain sehingga memiliki khasiat untuk tubuh.

Kelapa muda memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh dan jika dinikmati bersama dengan bahan rempah seperti jahe ataupun madu dipercaya warga dapat meningkatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Untuk bisa menikmati kelapa muda bakar bisa datang ke desa tayur Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara yang lokasinya tidak jauh dari Tugu batas Hsu dan kabupaten Tabalong.

Baca juga: Menikmati Sedapnya Bisnis Kelapa Bakar, Sehari Warung Kelapa di Banjarmasin Ini Laku Puluhan Biji

Baca juga: VIDEO Kuliner Kalsel, Kelapa Bakar Plajau Kabupaten Tanbu Bikin Ketagihan Pelanggan

Di warung kelapa bakar yang sudah berdiri sekitar 6 tahun ini menyediakan menu kelapa muda bakar original dengan harga Rp 23.000 dan untuk kelapa bakar komplit harganya  Rp 32.000. 

Ahmad salah satu penjual mengatakan bahwa jasa pembeli yang datang bukan hanya dari wilayah HSU namun juga dari luar kota karena lokasinya berbatasan dengan kabupaten Tabalong tidak sedikit juga yang membeli dari arah Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Timur.

Warung buka setiap hari sejak pukul 08.00 pagi hingga pukul 06.00 sore untuk cara pembuatannya sendiri kelapa muda yang memiliki daging buah sedang dibakar selama 1 jam menggunakan kayu bakar.

jika sudah terbakar seluruhnya akan dihangatkan menggunakan Bara Api sehingga ketika ada pembeli masih dalam kondisi hangat.

Baca juga: Kuliner Kalsel, Persiapan Sebelum Kelapa Bakar Plajau Disajikan ke Pelanggan

Bagian kulit dalam kelapa muda yang telah dibakar selama 1 jam akan menjadi lembek dan mudah untuk dipotong saat membuka.

"untuk kelapa muda bakar komplit tambahannya seperti gula merah jahe madu dan telur ayam kampung namun pembeli bisa memilih sesuai dengan keinginan," ujarnya. 

Kelapa muda memiliki banyak khasiat yang khasiatnya tersebut juga di informasikan kepada pembeli secara tertulis seperti bisa membantu menyembuhkan asam urat kolesterol dan diabetes serta beberapa penyakit lainnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved