PT Adaro Indonesia

Ikuti OPOP Expo 2022 Kalsel, Ponpes Binaan Adaro Tampilkan Produk Kopi hingga Madu Kelulut

Ponpes Binaan Adaro Tampilkan Produk unggulan mulai Kopi, pakan ternak, pupuk kandang hingga Madu Kelulut

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Ponpes Binaan Adaro Tampilkan produk kopi, pakan ternak, pupuk kandang hingga madu kelulut di gelaran One Pesantren One Product (OPOP) Expo 2022 di lapangan Murjani Banjarbaru Kamis (11/8/2022). (banjarmasinpost.co.id/milna sari) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pondok pesantren menjadi tempat untuk menempa para santri yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur, jujur, ulet dan disiplin.

Kepribadian santri tersebut menjadi potensi dan nilai tambah untuk menjadi wirausahawan.

Melihat potensi tersebut, Adaro memberikan dukungan kepada Ponpes dan santri agar memiliki pemberdayaan ekonomi melalui program Program Adaro Santri Sejahtera (PASS).

Seperti yang terlihat dari stan Pondok Pesantren binaan Adaro yang memiliki produk andalan yakni kopi, pakan ternak hingga pupuk kandang hingga madu kelulut dalam One Pesantren One Product (OPOP) Expo 2022 di lapangan Murjani Banjarbaru Kamis (11/8/2022).

Pengasuh Ponpes Teknologi Pertanian Al Islam Kanbitin, Fajriannoor Musadi Ashiddiqie program Adaro ini menjadi dorongan dan inspirasi dalam melihat dan merencanakan langkah-langkah penguatan ekonomi pesantren menuju kemandirian.

Program Adaro Santri Sejahtera yang dimulai sejak 2018, selain memberikan bantuan dana, juga dukungan berupa pelatihan dan pendampingan dalam mengelola usaha budi daya ikan nila serta peternakan kambing.

Ponpes Binaan Adaro Tampilkan produk kopi di gelaran One Pesantren One Product (OPOP) Expo 2022 di lapangan Murjani Banjarbaru Kamis (11/8/2022).
Ponpes Binaan Adaro Tampilkan produk kopi di gelaran One Pesantren One Product (OPOP) Expo 2022 di lapangan Murjani Banjarbaru Kamis (11/8/2022). (banjarmasinpost.co.id/milna sari)

"Stan ponpes ini dibantu oleh PT Adaro Indonesia untuk memamerkan produk unggulan dari beberapa ponpes binaan Adaro," ujarnya.

Adaro melalui program PASS membina beberapa ponpes yakni Pesantren Nurul Muhibbin Barabai, Muhibbin Halong, Al Islam Kambitin, Miftahul Ulum Bangkiling, dan Raudatul Thalibin Pugaan.

Ponpes Nurul Muhibbin Barabai misalnya memilki produk andalan yakni kolam terpal ikan. 

Sementara Pesantren Nurul Muhibin Halong memiliki produk pertanian dan kolam ikan tanah.

Ponpes Al Islam Kambitin memiliki produk andalan peternakan kambing, kolam ikan nila, pupuk kandang, permen kambing dan jamu kambing.

Ponpes Miftahul Ulum Bangkiling memiliki produk budidaya ikan patin dan madu kelulut.

Ponpes Raudatul Tholibin memilki produk unggulan yakni kolam ikan dan terakhir Ponpes Nurul Muhibin Halong memiliki usaha ternak ayam petelur.

Tiap pondok pesantren ujar Fajriannoor membentuk Badan Pengelola Usaha Pesantren (BPUP) yang dipimpin oleh ustadz. Namun dalam hal teknis dikerjakan langsung oleh santri. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved