Berita Banjar

Bupati Banjar Gemstone Competition 2022, Batu Akik Merah Putih Milik Khairuddin Juara Pertama

Guest house Sultan Sulaiman menjadi lokasi Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik tingkat Nasional hingga Sabtu (13/8/2022) malam.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id
H Khairuddin memperlihatkan koleksi batu akik Dwi Warna miliknya yang meraih juara pertama di kelas eksibisi, Kamis (11/8/2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Khairuddin senang cincin batu akik kategori Dwi warna miliknya sebagai juara pertama dalam kelas eksibisi Bupati Banjar Gemstone Competition 2022, ternyata merah putih seperti bendera negara.

Anggota Komunitas Komunitas Pecinta dan Pengerajin Akik Kalimantan (Kompak) Martapura, Banjarbaru dan Kelurahan Cempaka itu turun di sejumlah kategori kontes batu akik.

"4 kategori juara 1, 4 kategori juara 2 dan 13 kategori juara 3," ujar tokoh masyarakat Desa Murung Kenanga Kecamatan Martapura itu memperlihatkan batu akik merah putih di Guest House Sultan Sulaiman, Kamis (11/8/2022).

Guest house Sultan Sulaiman menjadi lokasi Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik tingkat Nasional hingga Sabtu (13/8/2022) malam.

Baca juga: Baznas Berikan Bantuan untuk 25 Mahasiswa Asal HSS, Rp 500 Ribu Per Bulan Per Orang

Baca juga: Juri Kalsel Innovation Award 2022 Puji Program Kurma Manis Pemkab Banjar

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan kegiatan Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik serta UMKM diselenggarakan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Menurutnya kegiatan itu meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM serta menghidupkan kembali bisnis batu akik di Kabupaten Banjar.

"Tentu agenda seperti ini sangat positif bagi kita dan nantinya lingkup kegiatan akan lebih luas lagi," harap Bupati Banjar.

Aslam, pengunjung kontes batu permata mengapresiasi kegiatan tersebut karena mengangkat kembali potensi Kabupaten Banjar yang memiliki koleksi batu permata.

"Ini event luar biasa. Mengenalkan potensi batu permata Kabupaten Banjar di tingkat nasional agar berkunjung," katanya.

Project Manager Bupati Banjar Gemstone Competition, Yusuf Bachem Azmi mengaku kontes diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banjar dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Banjar.

Yusuf bersyukur antusias masyarakat lokal di Provinsi Kalimantan Selatan di hari pertama kelas eksibisi 550 batu yang dikonteskan.

Menurutnya hari kedua hingga Sabtu malam diumumkan juara umum kontes tingkat nasional.

Sekian itu, kolektor batu dari Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur akan membuka bazar batu berbagai jenis.

Selama Pandemi Covid-19, even Gemstone Competition akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang terdampak.

"Kedepan kontes batu akik ini akan menjadi agenda tahunan dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Banjar," harap tokoh pemuda Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved