Tajuk

Koalisi Berembug Posisi

nama Airlangga Hartarto yang digadang-gadang Partai Golkar sebagai capres, dan PAN dengan ketua umumnya Zulkifli Hasan.

Editor: Eka Dinayanti
Partai Golkar
Tiga parpol anggota KIB dipimpin langsung masing-masing ketua umum mereka, Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN), dan Suharso Monoarfa (PPP) saat mendaftar ke KPU RI, Rabu (10/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Di tengah munculnya sejumlah calon presiden baik dari partai politik (parpol) maupun kelompok masyarakat yang digadang-gadang menuju 2024, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terlihat masih solid.

Bahkan dalam masa pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (10/8/2022), ketiga ketua umum itu yakni Airlangga Hartarto (Ketum Golkar), Zulkifli Hasan (Ketum PAN), dan Suharso Monoarfa (Ketum PPP), hadir bersama.

Seolah ingin memperkuat barisan, KIB bahkan mengajak partai politik lain untuk bergabung, termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mereka ajak untuk ikut serta.

Politik memang dinamis, apalagi terkait kekuasaan tertinggi di negeri ini. Ujian akan muncul ketika tiba masa pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Bisa diikuti, bagaimana ketiga parpol nantinya menyuarakan ataupun merumuskan calon yang diusung.

Dinamika internal mungkin saja bisa diakomodir, apalagi dari ketiganya baru nama Airlangga Hartarto yang digadang-gadang Partai Golkar sebagai capres, dan PAN dengan ketua umumnya Zulkifli Hasan.
Dua nama tersebut bisa saja dirembug ulang, atau mungkin saja diposisikan menunggu hasil survei.

Tapi ingat, politik bersifat dinamis. Paling sederhana bisa dilihat saat penentuan calon wakil presiden, pada pilpres lalu.

Nama KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, muncul ‘secara mengejutkan’.

Terkait dinamina itu pula, sebelumnya KIB juga telah mengemukakan bahwa mereka juga melirik nama-nama potensial di luar koalisi.

Artinya dua nama yang sudah muncul secara internal ternyata belumlah final.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved