Kampusiana

Masa Berlaku Akreditasi Berakhir, FKIP Uniska Lakukan Reakreditasi Prodi Kimia

FKIP Universitas Islam Kalimantan (Uniska), saat ini sedang melakukan proses reakreditasi untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Kampus Uniska di Jalan Adhyaksa, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Saat ini, Prodi Kimia tengah melakukan reakreditasi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Kalimantan (Uniska), saat ini sedang melakukan proses reakreditasi untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia.

Dekan FKIP Uniska, Yuliansyah mengatakan, prodi yang sebelumnya terakreditasi B ini telah memasuki masa akhir akreditasi.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan akreditasi ulang agar tetap bisa mengeluarkan ijazah bagi lulusannya, sebab hanya Prodi terakreditasi yang berhak menerbitkan tanda tamat belajar tersebut.

"Masa waktunya sudah habis tahun ini Bulan Juni lalu," kata Yuliansyah, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Gelar KPM di Batola, Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM Latih Guru di Batola Mengayam Purun

Baca juga: Siapkan Mahasiswa Pandai Berbahasa Inggris, Uniska MAB Bersiap Buka Kelas Internasional

Saat ini ujar Yuliansyah proses yang sedang berjalan adalah verifikasi dokumen. Selanjutnya dalam pekan ini dijadwalkan agenda asesmen.

Kegiatan analisa data informasi tentang peserta didik itu, akan dilakukan oleh tim dari Lembaga Akredetasi Mandiri (LAM) Kependidikan, selaku penyelenggara proses akreditasi.

"Tahun ini akreditasi dilakukan oleh LAM Kependidikan dengan biaya sendiri, beda halnya akreditasi yang dilaksanakan oleh LLDIKTI yang gratis," ujarnya.

Yuliansyah juga mengatakan seyogyanya pada reakreditasi tahun ini, pihanya ingin meningkatkan status akreditasi Prodi Kimia menjadi A.

Namun, terkendala minimnya jumlah mahasiswa, dampak dari pandemi covid-19.

Baca juga: Dilantik Rektor Uniska MAB, Dekan Fakultas Ekonomi Rencanakan Buka Kelas Internasional

"Kalau kriteria lainnya kami yakin sudah memenuhi klasifikasi yang dibutuhkan, misal capaian dosen, seperti penelitian, pengajaran, seminar dan jurnal internasional," terangnya.

Selain akreditasi Prodi Kimia, FKIP Uniska selanjutnya bersiap melakukan reakreditasi untuk Prodi Bimbingan Konseling. Prodi tersebut akan berakhir masa akreditasinya pada Oktober 2022.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved