Kampusiana

Padukan Budidaya Ikan dan Tanaman, Mahasiswa KKN-PPM ULM 2022 Perkenalkan Teknik Budikdamber

Mahasiswa KKN-PPM ULM 2022 mengusung program kerja utama dalam rangkaian kuliah kerja nyata, Workshop Budikdamber

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
Maulana untuk Bpost
Workshop Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber), oleh Mahasiswa Kelompok 1 KKN-PPM ULM 2022 di Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin, Senin (15/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mahasiswa KKN-PPM ULM 2022 mengusung program kerja utama dalam rangkaian kuliah kerja nyata, Workshop Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber).

Workshop tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kelurahan Teluk Dalam, dihadiri oleh warga, termasuk di dalamnya tim Satgas Kebersihan, Pengurus PKK serta Desa Wisma.

Budikdamber sendiri merupakan teknik budidaya ikan ramah lingkungan, yang memadukan antara budidaya ikan dan sayuran.

Teknik ini menggunakan sarana ember sebagai wadah ikan, serta memanfaatkan air media budidaya untuk tumbuh kembang tanaman sayuran.

Baca juga: Lepas KKN II STIT, Wabup Tabalong Berharap Kehadiran Mahasiswa Bisa  Dukung Pembangunan Desa

Baca juga: KKN-PPM ULM 2022, Mahasiswa Datangi Pengrajin Kain Sasirangan dengan Pewarna Alami

Muhammad Maulana mahasiswa akuakultur (ULM) mempraktikkan cara budidaya ikan lele dalam ember, dan penanaman sayur kangkung. 

Maulana mengungkapkan bahwa pemilihan lele sebagai contoh workshop kali ini dikarenakan ketahanan hidup, cara perawatan yang cukup mudah dan pertumbuhan ikan lele yang cepat.

"Budikdamber ini sangat cocok kalau untuk skala rumahan, jadi kualitas pangan juga bisa dikontrol langsung dari ibu-ibu yang mengolah nantinya. Tapi kalau untuk skala lebih besar (usaha), bisa dirintis dan dikembangkan lagi, buat kolam biasanya," kata Maulana, Senin (15/8/2022).

Baca juga: KKN-PPM ULM 2022, Mahasiswa Datangi Pengrajin Kain Sasirangan dengan Pewarna Alami

Sementara itu Lurah Teluk Dalam, Johansyah, berharap agar Kelurahan Teluk Dalam dapat semakin maju dan terbantu, dengan adanya program pemberdayaan mahasiswa KKN-PPM ini.

"Semoga semua program terutama Budikdamber ini bisa ditindaklanjuti di wilayah Teluk Dalam. Apalagi sekaligus dapat ditanam sayuran di atasnya, dengan memanfaatkan maggot juga. Realisasi ini semoga membantu kami untuk lomba dan penilaian dari pemerintah," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved