Berita Banjarmasin

Disperdagin Banjarmasin Fokus Benahi Jalan Blok Basah Pasar, Tezar : Dilakukan Bertahap

Disperdagin Kota Banjarmasin, sedang melakukan beberapa pemeliharaan pasar, khususnya untuk wilayah blok basah.

Editor: M.Risman Noor
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, melalui Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan (PSDP) dan Pasar, Disperdagin Kota Banjarmasin, sedang melakukan beberapa pemeliharaan pasar, khususnya untuk wilayah blok basah.

Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan, alasan pihaknya melakukan pemeliharaan di beberapa blok pasar khusus wilayah blok basah, dikarenakan kondisi beberapa blok pasar, jalan dan lorongnya cukup sempit.

"Di dalam prototipe membangun sebuah pasar yang sehat dan bersih itu memang ada patokan dan ukuran jalan untuk pengunjung, paling tidak itu 1,5 meter," ujar Tezar, Rabu (17/8/2022).

"Kita secara bertahap sudah melakukan pemeliharaan di beberapa blok pasar. Sebagai contoh di Pasar Pandu dan Teluk Dalam. Untuk saat ini yang sedang berlangsung di Pasar Kesatrian," lanjutnya.

Baca juga: Khairil Akhirnya Hirup Udara Segar, Bebas Usai Terima Remisi dari Lapas Batulicin

Baca juga: HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Wali Kota Banjarmasin : Jadi Momen Bangkit dari Pandemi Covid-19

Pembenahan atau penyesuaian bak-bak juga menjadi perhatian khusus menurut Tezer. Pasalnya ia berpendapat, jika bak-bak memang banyak yang kosong, lebih baik dihilangkan saja.

"Agar bisa dimanfaatkan, misalnya dibikin tempat duduk untuk pengunjung yang sedang berbelanja ke pasar atau penyesuaian agar pengunjung bisa berjalan dengan nyaman pada saat berbelanja di pasar," ucapnya.

Tezar berharap, dengan melakukan perubahan pada sedikit fisik di blok basah, setidaknya dapat bisa membuat pengunjung nyaman, sehingga pasar-pasar semakin ramai dikunjungi.

Pembenahan sendiri disampaikan Tezar dilakukan dengan cara membongkar. Sehingga, pada proses pengerjaan, pedagang yang terimbas pembenahan sementara direlokasi ke tempat yang lain.

"Tapi masih di wilayah pasar yang sama. Karena kita juga sudah melakukan sosialisasi sebelum pembenahan dilakukan, dan pedagang setuju saja hasil dari dua kali pertemuan lalu," jelasnya.

Tezar menekankan, saat ini pihaknya masih berfokus untuk membenahi pasar blok basah. Namun, menurutnya tidak menutup kemungkinan juga jika ada blok pasar kering yang harus dilakukan pembenahan.

Mengambil contoh seperti yang di Pasar Kesatria, karena pembangunan dilakukan sudah beberapa tahun lalu, kios atau toko kering di sana jalannya terlalu sempit.

"Jalannya sekira 80 centimeter saja, mungkin akan kita lakukan penyesuaian. Sehingga toko-toko yang kosong itu mudah-mudahan bisa terisi dan bisa meramaikan pasar itu," imbuhnya.

Disinggung apakah dari 26 pasar yang berada di bawah Pemko Banjarmasin sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Tezar menjawab, pihaknya sedang melakukan upaya secara bertahap.

"Tidak bisa langsung secara keseluruhan. Tapi, mudah-mudahan semua pasar kita, khususnya pasar yang ada blok-blok basah yang menjual ikan, daging, ayam, sayur, dan sebagainya itu bisa nyaman untuk pengunjung," katanya.

"Sementara dua tahun terakhir ini yang sudah dilakukan pembenahan baru Pasar Pandu dan Pasar Teluk Dalam. Pasar Kesatrian masih proses," tambahnya.

Tutupnya Tezar menyampaikan, di tahun 2023 nanti, pihaknya berencana melakukan pembenahan di blok basah Pasar Pekauman.

"Mudah-mudahan ada dukungan anggaran dan sebagainya," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Noorhidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved