Kampusiana

Rasakan KKN-Kedaireka Fakultas Pertanian ULM Sangat Bermanfaat, Kades minta Tetap Berlanjut

Kepala Desa Tegal Sari Tanahbumbu, Sunarto merasa terkesan dengan hadirnya mahasiswa KKN-Kedaireka Fakultas Pertanian. Ia meminta program ini berlanju

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/istimewa
KKN-Kedaireka Fakultas Pertanian ULM di Kecamatan Satui Tanbu, Kamis (18/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kepala Desa Tegal Sari Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu, Sunarto merasa terkesan dengan hadirnya mahasiswa KKN-Kedaireka Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM). 

Pasalnya, baru pertama kali didatangi mahasiswa KKN dan kini asil KKN Kedaireka Fakultas Pertanian ULM diekspos bekerjasama dengan PT Arutmin Indinesia di Kecamatan Satui, Selasa (16/8/2022) kemarin. 

" Ini sangat luar biasa ya, bagi kami desa Tegal Sari itu pertama kali ini dan ini luar biasa, desa kami dijadikan tempat KKN dan produk-produk yang dihasilkan juga Alhamdulillah bisa menarik perhatian dari para penilai dan bisa menang," kata Kades Tegal Sari,  Sunarto, Kamis (18/8/2022). 

Menurutnya, ilmu yang dipelajari di kampus itu sudah dicoba praktekkan di lapangan dan tanggapan masyarakat, itu luar biasa.

Baca juga: Padukan Budidaya Ikan dan Tanaman, Mahasiswa KKN-PPM ULM 2022 Perkenalkan Teknik Budikdamber

Baca juga: Kunjungan ke SMPN 2 Satui, Mahasiswa KKN-Kedaireka Fakultas Pertanian ULM Ajak Siswa Bikin Kokedama

Baca juga: Hanya Lulusan SMP, Begini Kusno Beri Materi Pembuatan Kompos Saat Mahasiswa ULM KKN ke Wonorejo

Kemudian hasilnya juga sudah bisa dilihat, bahkan yang hasil produk makanan itu bisa dinikmati dan mengetahui rasanya.

"Ini pertama kali ya untuk kegiatan ini di desa kami Tegal Sari. Saya harap, tidak hanya berhenti sampai  disini, jadi ke depan bisa saja dikembangkan. Kan menjadi Sarjana Pertanian tidak melulu harus bekerja di perusahaan atau di instansi pemerintah dalam hal ini menjadi pegawai, tetapi juga bisa mandiri sebagai pengusaha," katanya. 

Peluang atau potensi untuk menjadi pengusaha di bidang pertanian masih sangat terbuka lebar, terutama di daerah Tanahbmbu ini, termasuk juga di daerah Tegal Sari khususnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Pertanian yang sedang mengikuti kegiatan KKN kedaireka.

Masyarakat setempat yang berasal dari enam desa yaitu Desa Sejahtera Mulia, Desa Jombang, Desa Wonorejo, Desa Tegal Sari, Desa Satui Timur dan Desa Sungai danau, sangat bersyukur seperti yang dirasakan Sunarto. 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan produk hasil kegiatan KKN maupun produk UMKM Desa. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved