Dosen Wajib Mengabdi 2022

Pemberdayaan Ibu PKK Desa Berangas dan Handil Bakti, Pelatihan Business Model Canvas

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM di Berangas Timur dan Handil Bakti, Batola.

Editor: M.Risman Noor
Pemberdayaan Ibu PKK Desa Berangas dan Handil Bakti, Pelatihan Business Model Canvas - pelaksanaan-dosen-wajib-mengabdi-2022-dilaksanakan-di-berangas-timur-dan-handil-bakti.jpg
istimewa
Pelaksanaan Dosen Wajib Mengabdi 2022 dilaksanakan di Berangas Timur dan Handil Bakti.
Pemberdayaan Ibu PKK Desa Berangas dan Handil Bakti, Pelatihan Business Model Canvas - pelaksanaan-dosen-wajib-mengabdi-di-berangan-timur-dan-handil-bakti-barito-kuala.jpg
istimewa
Pelaksanaan Dosen Wajib Mengabdi di Berangan Timur dan Handil Bakti, Barito Kuala.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM.

Kegiatan dilakukan dalam rangka melaksanakan Program Dosen Wajib Mengabdi tahun 2022 yang dibiayai oleh PNBP Universitas Lambung Mangkurat tahun 2022.

Tim yang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, terdiri dari dosen dan mahaisswa.

Dosen yang terlibat dalam melakukan kegiatan in terdiri dari Dra.Hj.Isnawati, MM., Ak., CA., Rifqi Novriyandana, SE., M.Acc, MM,Ak. Dan Dra. Nor Hikmah, MSA.,Ak.,CA yang merupakan dosen di Jurusan Akuntansi FEB ULM. Dan melibatkan mahasiswa jurusan akuntansi yaitu Muhammad Yusup.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Berangas Timur dan kelurahan Handil Bakti yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Berangas Timur Batola diikuti sekitar 40 ibu PKK.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan Ibu-ibu PKK di Desa Berangas Timur dan kelurahan Handil Bhakti kabupaten Batola dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terkait dengan bagaimana memetakan usaha dan membuat Business Model Canvas (BMC) terhadap UMKM yang mereka miliki sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usaha mereka ditengah Pandemi Covid-19.

Kegiatan dosen wajib mengabdi tahun 2022 dilaksanakan dosen FEB ULM di Berangas Timur dan Handil Bakti.
Kegiatan dosen wajib mengabdi tahun 2022 dilaksanakan dosen FEB ULM di Berangas Timur dan Handil Bakti. (istimewa)

Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan serta penyuluhan kepada khalayak sasaran melalui penyampaian materi terkait pembuatan Business Model Canvas sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usaha.

Khalayak sasaran adalah ibu-ibu PKK yang berlokasi di Kelurahan Handil Bhakti Barito Kuala dan Desa Berangas Timur.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini adalah terbukanya wawasan khalayak sasaran sehingga memiliki kemampuan dalam membuat Business Model Canvas sehingga diharapakan dapat meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usaha.

Rencana luaran berupa modul dan artikel di Jurnal Pengabdian ILUNG dan Modul Business Model Canvas (BMC) untuk UMKM dan Manfaatnya.

Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran adalah peningkatan wawasan yang dapat menginspirasi khalayak sasaran untuk dapat membuat Business Model Canvas (BMC) sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usaha yang dimiliki. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan adalah dengan mengulas terkait bagaimana memetakan dan membuat Business Model Canvas (BMC) terhadap UMKM yang mereka miliki sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usaha mereka.

Kontribusi tambahan dari pengabdian ini terkait masukan bagi khalayak sasaran dalam hal ini Ibu-ibu PKK di Desa Berangas Timur dan kelurahan Handil Bakti kabupaten Batola sehingga diharapakan dapat meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usaha. (AOL/*)



  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved