Berita Tanahlaut

Dukung Tilang Parkir Sembarangan di RTH Kijang Mas Permai, Begini Saran Warga Tanahlaut

Warga Tanahlaut mendukung rencana penerapan tilang kendaraan parkir sembarangan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai Pelaihari

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Lalu lintas di depan RTH Kijang Mas Permai Pelaihari di Jalan Kolonel Soepirman, Pelaihari, macet, Minggu (3/7/2022) siang. Warga mendukung rencana penerangan tilang bagi kendaraan parkir sembarangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Rencana penilangan terhadap kendaraan bermotor yang di parkir sembarangan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai Pelaihari direspons positif kalangan warga.

Beberapa warga kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (22/8/2022), menyatakan setuju langkah tegas tersebut demi kelancaran lalu lintas di kawasan RTH tersebut.

Pasalnya arus lalu lintas di ruas Jalan Kolonel Soepirman pada Minggu pagi hingga siang memang kerap macet.

Hal ini dikarenakan kanan kini bahu jalan setempat menjadi tempat parkir kendaraan roda empat.

"Kalau menurut saya, langkah itu bagus demi kepentingan bersama supaya lalu lintas lancar. Segera saja berlakukannya," ucap Ramliansyah, warga Pelaihari.

Baca juga: Dishub Tanahlaut Warning Pengunjung RTH Kijang Mas Permai, Parkir Sembarangan Bakal Ditilang

Baca juga: Si Jago Merah Berkobar di Tanahlaut, Rumah Penjaga Kandang di Batibati Tanahlaut Kalsel Ludes

Pekerja swasta ini mengatakan langkah tersebut mesti diterapkan secara konsisten. Dengan begitu ketertiban yang dibangun bakal berkelanjutan.

Warga Pelaihari lainnya, Rakhmat, berpendapat jika langkah tersebut diterapkan maka mesti diterapkan secara konsisten.

"Harus dijaga tiap hari Minggu pagi. Kalau situasional, nantinya bakal balik lagi seperti semula," sebutnya.

Hal penting lainnya yang menurutnya mesti dipikirkan oleh pemangku kebijakan yakni perlunya solusi penyediaan tempat parkir. 

"Soalnya kan kalau hari Minggu, halaman RTH jadi pasar dan cuma kendaraan roda dua yang bisa parkir. Nah, pengunjung yang bermobil bingung juga mau parkir di mana," tandasnya.

Baca juga: Warga Keluhkan Limbah Taman Pasar Lawas Tanahlaut, Meluber ke Perempatan Jalan

Menurutnya lahan di area samping kanan kiri dan belakang RTH tersebut dapat dimanfaatkan untuk parkir roda empat. Khusus untuk hari Minggu.

"Kemarin itu saat ada hajatan besar perkawinan di RTH, kan parkir mobilnya di area kanan kiri halaman depan dan belakang RTH. Nah, mungkin itu bisa diterapkan khusus hari Minggu saja," cetusnya.

Hal itu mengingat di seberang RTH tersebut umumnya telah berdiri rumah-rumah warga. Hanya sebagian lahan yang kosong dan meski dapat dimanfaatkan untuk parkir, belum tentu yang punya lahan mengizinkan.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved