Bumi Bersujud

Sejumlah SKPD Lingkup Pemkab Tanah Bumbu Terima Pendampingan Penilaian Arsip Usul Musnah

Dispersip melakukan pendampingan penilaian arsip usul musnah SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN TANAH BUMBU
Pendampingan penilaian arsip SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. 

BANJARMASINSPOST.CO.ID, BATULICIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) selaku Lembaga Kearsipan Daerah melakukan pendampingan penilaian arsip usul musnah SKPD, Kamis (18/8/22).

Adapun SKPD yang didampingi untuk melakukan penilaian arsip usul musnah adalah SKPD yang telah menata arsip inaktifnya dan telah membuat daftar arsip inaktifnya berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Kepala Bidang Kearsipan Dispersip Tanbu, Hj Noryana, mengatakan SKPD yang telah menyatakan siap melakukan pemusnahan arsip dan dilakukan pendampingan untuk penilaian arsip usul musnah adalah Sekretariat Daerah, Dinas DP3AP2KB, BKPSDM, Dinas PMD dan Kecamatan Kusan Hilir.

Selain itu, ada beberapa SKPD yang turut hadir dalam kegiatan ini, di antaranya adalah Pengelola Arsip dari Sekretariat DPRD, RSUD, Bapenda, Dinas Pendidikan dan PUPR yang juga berencana melakukan pemusnahan arsip, namun masih dalam proses melengkapi beberapa prosedur pemusnahan arsip dan sekaligus belajar serta berkonsultasi dengan Tim LKD dalam melakukan penilaian arsip usul musnah secara sendiri.

Lebih lanjut, Kabid Kearsipan menjelaskan, bahwa pendampingan ini dilakukan agar kedepannya SKPD yang telah siap untuk memusnahkan arsipnya dapat melakukan penilaian arsip sendiri sesuai JRA yang telah ditentukan. 

Adapun arsip apa, disimpan berapa lama, dan setelah masa simpan habis, maka dimusnahkan atau diserahkan sebagai arsip statis, berdasarkan Undang-undang Kearsipan Nomor 43 Tahun 2009 mewajibkan setiap pencipta melakukan pemusnahan arsip berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA). (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved