Berita Tapin

Awasi Verifikasi Parpol, Bawaslu Tapin Temukan 538 Nama Diduga Ganda Dalam SIPOL

Selama proses verifikasi partai, Bawaslu Tapin menemukan sebanyak 538 nama diduga ganda dalam SIPOL

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/stanislaus Senne
Proses Verifikasi Administrasi Parpol oleh KPU Kabupaten Tapin, Selasa (23/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bawaslu Tapin intens melakukan pengawasan langsung proses verifikasi administrasi oleh KPU terhadap partai politik yang telah mendaftarkan diri menjadi peserta pemilu. Selasa, (23/08/2022).

Ketua Bawaslu Tapin, Thessa Aji Budiono mengatakan Bawaslu Kabupaten Tapin terus melakukan pencermatan terhadap Sipol atau Sistem Informasi Partai Politik.

"Pengawasan SIPOL ini dilakukan dengan intens karena pendaftaran partai politik sebagai peserta pemilu dilakukan melalui SIPOL. Jadi, berkas-berkas dari partai yang sudah mendaftar bisa diakses oleh KPU maupun Bawaslu," jelasnya.

Aji mengatakan meskipun memang sejauh ini, Bawaslu Kabupaten Tapin hanya mengakses SIPOL, sebatas viewer.

Baca juga: Cek Sipol, Nama ASN Hingga Staf Bawaslu di Kalsel Diduga Dicatut Jadi Anggota Parpol

Baca juga: Satu Nama Pegawai KPU Kabupaten Tanahlaut Muncul di Sipol, Begini Klarifikasi yang Disampaikan

"Pencermatan yang kita lakukan juga termasuk keanggotaan partai politik, untuk menghindari dugaan anggota partai politik yang belum memenuhi syarat atau dugaan anggota partai politik yang ganda," jelasnya.

Aji mengatakan maksud dari anggota partai politik yang ganda misalkan dalam satu nama bisa saja terinput beberapa kali di dalam satu partai politik.

"Berdasarkan pencermatan kami, Bawaslu Kabupaten Tapin menemukan 538 nama yang diduga ganda yang tersebar di 24 partai politik yang berkasnya ada di dalam Sipol," jelasnya.

Ia mengatakan terkait hal ini, Bawaslu Kabupaten Tapin telah menyampaikannya ke KPU sebagai saran dan masukan untuk penyempurnaan verifikasi yang sedang berlangsung.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tapin, Hj. Henny Handayani mengatakan terkait temuan dari Bawaslu Kabupaten Tapin, pihak KPU Tapin sangat mengapreseasi akan hal itu.

"Adapun saran dan masukan dari Bawaslu, Kami dari KPU sangat berterima kasih. Terkait hal itu, kami sudah pertimbangkan dengan melakukan kroscek ulang," jelasnya.

Baca juga: Daftar Partai Politik Masuk Sipol 2024, KPU Nyatakan 9 Parpol Pemain Baru Hadapi Persiapan Pemilu

Hj. Henny mengatakan dari hasil kroscek ulang, KPU Kabupaten Tapin menemukan data yang terindikasi ganda ada 564.

"Untuk temuan ini, akan segera kami tindaklanjuti untuk penyempurnaan verifikasi administrasi," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved