Tabalong Terdepan

Sukses Pertahankan Kategori Nindya, Pemkab Tabalong Optimistis Raih Kategori Utama KLA

Pemkab Tabalong optimistis bisa meraih kategori Utama pada tahun depan untuk Kabupaten Layak Anak karena selalu berhasil memenuhi poin-poin penilaian.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tabalong, Pebriadin Hafiz, membacakan sambutan tertulis Bupati H Anang Syakhfiani pada acara Penguatan Gugus Tugas KLA tingkat Kabupaten Tabalong di Gedung Pusat Informasi, Selasa (23/8/2022). 

BANJARMASINSPOST.CO.ID, TANJUNG - Sejak 2017, Kabupaten Tabalong telah berhasil meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dan di 2022 ini bisa mempertahankan kategori Nindya.

Dengan torehan ini, Pemkab Tabalong optimistis bisa meraih kategori Utama pada tahun depan untuk Kabupaten Layak Anak.

"Optimis meraih kategori utama pada tahun depan," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Pebriadin Hafiz,  bacakan sambutan tertulis Bupati H Anang Syakhfiani, saat acara Penguatan Gugus Tugas KLA tingkat Kabupaten Tabalong di Gedung Pusat Informasi, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, pencapaian predikat KLA yang  diperoleh bisa terus meningkat tidak lepas dari keberhasilan memenuhi poin-poin penilaian, baik dari kelembagaan, perlindungan anak maupun pendidikan.

Selain itu juga didukung dari hasil penilaian administrasi yang diverifikasi secara online dan juga ditindaklanjuti dengan peninjauan secara langsung.

Acara Penguatan Gugus Tugas KLA tingkat Kabupaten Tabalong Selasa (23082022).
Acara Penguatan Gugus Tugas KLA tingkat Kabupaten Tabalong di Gedung Pusat Informasi, Selasa (23/8/2022).

"Begitupula dengan bisa diraihnya peningkatan poin daerah menjadi 797,5 atau hampir memenuhi 800 poin dari syarat mendapatkan predikat kategori Utama, maka tentu saja kita semua berharap dan optimis pada tahun mendatang kembali bisa melakukan peningkatan predikat," katanya.

Bupati juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, maka lebih memantapkan Tabalong sebagai Kabupaten Layak Anak dengan menyamakan persepsi dan evaluasi untuk melaksanakan tugas yang diberikan.

Ini juga tidak terlepas sbagaimana  diketahui anak-anak adalah generasi penerus yang harus sehat, kuat dan dilindungi hak-haknya karena merekalah nantinya yang akan menjadi pemimpin bermanfaat bagi banua. 

Maka untuk mewujudkan itu perlu dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan dan program layak anak di segala lini. 

"Hal inilah yang melandasi kita semua untuk menggelar kegiatan penguatan Tim Gugus Tugas guna memantapkan daerah kita sebagai Kabupaten Layak Anak," tandasnya.

Mengingat, menjadikan daerah sebagai Kabupaten Layak Anak tidaklah mungkin dilakukan hanya oleh pemda  tapi kebersamaan melalui Tim Gugus Tugas Menuju Kabupaten Layak Anak. 

Tugas tim ini selain melaksanakan program dan kegiatan Kabupaten Layak Anak juga harus menginput dan mengenteri data dan tentu saja harus dipertanggungjawabkan di tingkat provinsi dan nasional. 

Sehingga, diperlukan komitmen semua pihak dari pemda, instansi vertikal, masyarakat untuk menyediakan secara nyata Kabupaten Layak Anak. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved