Berita Kalsel

Switch Off TV Analog Sisa Sehari Lagi, Pemprov Kalsel Belum Tentukan Jumlah Penerima Bantuan STB

Pada 25 Agustus ini siaran televisi analog di lima daerah di Kalimantan Selatan akan ditutup.

Penulis: Milna Sari | Editor: M.Risman Noor
DISKOMINFO KOTA BANJARBARU
Set Top Box (STB), perangkat keras yang dipasang pada televisi analog agar bisa menayangkan siaran digital, akan diberikan Pemerintah Kota Banjarbaru kepada warga miskin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pada 25 Agustus ini siaran televisi analog di lima daerah di Kalimantan Selatan yakni Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru akan ditutup.

Siaran akan beralih ke digital sesuai dengan jadwal yang tertulis dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 11 Tahun 2021, penghentian siaran TV analog tahap dua akan berlangsung pada 25 Agustus 2022.

Meski tinggal sehari lagi, namun hingga kini bantuan Set Of Box (STB) yang dijanjikan pemerintah akan diberikan kepada masyarakat tidak mampu agar bisa mengikuti siaran televisi hingga kini belum juga tiba di Kalimantan Selatan.

Meski pemerintah Kabupaten kota sudah mengusulkan jumlah STB yang bisa dikirim ke kabupaten kota sebulan yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bahkan belum memiliki data jumlah calon penerima bantuan STB.

Terang Kadiskominfo Kalsel, HM Muslim saat dihubungi karena menolak untuk ditemui Selasa (23/8/2022) jumlah bakal penerima bantuan STB dari pemerintah masih dihimpun.

Baca juga: VIDEO HEBOH BANGET Kakek Berbaju Lusuh Datang ke Diler Beli Mobil, Sempat Dikira Pengemis

Baca juga: Pemuda di Kalsel Diajak Ikut Komando Cadangan, Masuk TNI Bisa Lebih Mudah

"Masih dihimpun, terutama setelah dilakukan verifikasi," ujarnya.

Saat ini progres realisasi bantuan STB bagi warga tidak mampu ujarnya masih dalam tahap verifikasi. Diskominfo Kalsel sudah melakukan rakor dengan kabupaten kota, dinsos, PMD hingga Disdukcapil.

Muslim sendiri sebelumnya menyebut jika informasi yang pihaknya dapat Kalsel akan menerima sekitar 80 ribu STB. Namun jumlah ini harus kembali dikonfirmasi dan verifikasi agar pembagian bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang sesuai ketentuan dan memastikan mereka benar-benar memiliki televisi atau tidak.

Pengadaan STB ini tambahnya merupakan kewenangan dari pemerintah pusat, sementara pemerintah daerah memiliki tugas untuk memberikan sosialisasi dan pendataan.

Dengan dilakukannya Analog Switch Off (ASO) di lima daerah di Kalsel tersebut maka beberapa siaran televisi yang sudah tidak lagi melayani siaran analog sudah tak bisa lagi dinikmati di televisi analog.

Salah satu ketua RT di Banjarbaru, Ahmadi mengatakan hingga kini belum ada bantuan STB bagi warganya.

"Tidak ada bantuan STB, kalau yang tidak mampu banyak saja, tapi kami belum mengetahui apakah televisinya sudah digital atau masih analog," katanya.

Memang katanya sudah ada warga yang bertanya terkait bantuan STB namun ia mengaku belum ada arahan terkait bantuan STB.

Sementara salah satu warga Landasan Ulin Utara, Maimunah mengatakan masih memakai televisi analog.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved