Bumi Sanggam

Bapelitbangda Gelar Lomba Inovasi Balangan, Ini Delapan SKPD Lolos Seleksi

Delapan SKPD di Kabupaten Balangan lolos seleksi Lomba Inovasi Balangan (BAILANG) yang digelar oleh Bappedalitbangda

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Diskominfo Balangan
Pemaparan Pemaparan Lomba Inovasi Balangan yang disampaikan oleh delapan SKPD terpilih di Kabupaten Balangan terpilih di Kabupaten Balangan, Rabu (24/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Delapan SKPD di Kabupaten Balangan lolos tahapan seleksi Lomba Inovasi Balangan (BAILANG) yang digelar oleh Bappedalitbangda Kabupaten Balangan. 

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar untuk pengembangan inovasi di Balangan. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni mengatakan lomba persentasi BAILANG harus melewati tahap seleksi, hingga akhirnya ada beberapa inovasi terpilih. 

Diketahui, dari beberapa SKPD di Balangan, hanya delapan SKPD yang lolos, di antaranya Disdukcapil, DPMPTSPTT, Disdikbud, BKPSDM dan Puskesmas Uren dengan total sebelas inovasi. 

"Peserta yang melaksanakan presentasi  inovasinya sudah pada tahap outcome dan sudah memenuhi kriteria untuk ajang Innovative Goverment Award (IGA)," kata Rakhmadi, Rabu (24/8/2022).

Dari hasil penjaringan inovasi yang dilakukan oleh Bappedalitbang pada SKPD, BLUD dan UPT Puskesmas di Kabupaten Balangan, terjaring 98 inovasi yang berupa gagasan, ide, maupun inovasi yang sudah berjalan.

Disampaikan Rakhmadi Yusni, adanya inovasi ini memang program atau arahan pemerintah pusat, dimana inovasi ini wajib dilakukan pemerintah daerah dan untuk Kabupaten Balangan minimal diwajibkan satu SKPD satu inovasi, untuk tahun depan mungkin dinaikkan lagi, satu SKPD lebih dari satu inovasi.

Berdasarkan laporan Kepala Bappedalitbang, dalam UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pasal 386 ayat (1) dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi.

Sebagai bentuk penjabaran perundangan tersebut, disahkan Peraturan Bupati Balangan No.40 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Inovasi Daerah di Kabupaten Balangan.(aol)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved