BPOST CETAK

Kamis, Siaran TV Analog Mulai Disetop di Kalsel, 22 Ribu Warga Kota Tunggu Set Top Box

Warga Banjarmasin, Banjarbaru, Tanahlaut, Banjar, dan Batola bakal tidak bisa menyaksikan siaran televisi analog mulai Kamis

Editor: Hari Widodo
BPost Cetak
Banjarmasin Post Cetak Edisi Rabu (24/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Warga Banjarmasin, Banjarbaru, Tanahlaut, Banjar, dan Batola bakal tidak bisa menyaksikan siaran televisi analog mulai Kamis (25/8/2022).

Lima kabupaten kota di Kalimantan Selatan ini masuk daftar penghentian siaran TV analog tahap dua Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo). Total ada 110 wilayah yang masuk tahap ini.

Pada tahap pertama 30 April 2022, pemerintah menghentikan siaran TV analog untuk 56 wilayah. Pada tahap tiga yakni 2 November 2022 menyusul 25 wilayah siaran di 65 kabupaten kota.

Mengenai program migrasi ke TV digital ini, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin Windiasti Kartika menyatakan sudah ikut menyosialisasikannya.

“Memang yang gencar melakukan sosialisasi pemerintah pusat. Tapi Diskominfotik Banjarmasin juga beberapa kali melakukan sosialisasi, misalnya melalui media sosial, termasuk buletin buatan Diskominfotik Banjarmasin,” katanya.

Windiasti pun mengatakan Diskominfotik diminta Kemenkominfo mengumpulkan data masyakarat miskin yang akan menjadi penerima tujuan Set Top Box (STB) gratis. STB merupakan alat untuk menerima siaran digital.

Untuk itu, Windiarti mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ada sekitar 22 ribu calon penerima STB gratis.

“Kemarin kami bagikan surat pernyataan menerima STB melalui kecamatan hingga kelurahan dan saat ini kami rekap. Setelah itu baru dimasukkan dalam surat keputusan wali kota dan akan dikirim ke pusat untuk diverifikasi,” jelasnya.

Mengenai jumlah STB gratis yang akan dibagikan, Windiasti mengaku belum mengetahui.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved