Tabalong Terdepan

Buka Muswil III AMAN Kalsel di Balai Adat Rungan Tatau Kampung Sepuluh, Ini Pesan Bupati Tabalong

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, saat membuka Muswil AMAN III di Desa Pangelak berharap dapat menghasilkan pengurus yang berkualitas.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
PROKOPIM PEMKAB TABALONG
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, sampaikan arahan pada pembukaan Muswil III AMAN Kalsel, Kamis (25/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Musyawarah Wilayah (Muswil) III Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) digelar di Balai Adat Rungan Tatau Kampung Sepuluh, Desa Pangelak, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong, 25-27 Agustus 2022.

Pembukaan Muswil III AMAN Kalsel ini dilakukan langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Kamis (25/8/2022) dan dihadiri juga unsur Forkopimda Tabalong.

Dalam rangkaian prosesi pembukaan ini, selain ditandai pemukulan alat musik tradisional secara simbolis, juga diisi pertunjukan seni budaya, di antaranya berupa penampilan tari-tarian.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat memberikan arahan pada pembukaan, menyampaikan, kegiatan Muswil III AMAN Kalsel merupakan kegiatan yang penting, sehingga Forkopimda Kabupaten Tabalong juga turut berhadir pada acara pembukaan

“Selaku kepala daerah, saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Muswil AMAN Kalimantan Selatan tahun 2022 di Kabupaten Tabalong ini," katanya.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani pukul alat musik tradisional di pembukaan Muswil AMAN III.
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, dan unsur Forkopimda pukul alat musik tradisional di pembukaan Muswil AMAN III, Kamis (25/8/2022).

Menurut Bupati, merupakan suatu kebanggaan tersendir Kabupaten Tabalong telah banyak mendapat kesempatan dari berbagai pihak untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan berskala nasional maupun regional. 

Seperti yang terlaksana kali ini, dengan menjadi tuan rumah kegiatan Muswil III AMAN yang dihadiri dari seluruh jabupaten kota se Kalimantan Selatan.

Desa Pangelak yang berada di Kecamatan Upau ini merupakan satu dari dua lainnya, yaitu Desa Kaong dan Desa Kinarum termasuk dalam kampung budaya di Kabupaten Tabalong.

Bupati juga berharap kegiatan Muswil III AMAN Kalsel ini dapat menghasilkan pengurus yang berkualitas.

Juga, memberikan manfaat yang sangat besar bagi masa depan masyarakat adat, khususnya yang tergabung di AMAN dan umumnya bagi seluruh masyarakat di Kalsel khususnya di Kabupaten Tabalong. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved