News Update

NEWS UPDATE : Harga Telur Termahal Sepanjang Sejarah, Mendag: Enggak Seberapa

Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, harga telur ayam ras naik lagi.

Editor: M.Risman Noor

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, harga telur ayam ras naik lagi.

Secara rata-rata nasional harga telur ayam ras naik jadi Rp 31.000 per kg.

Menurut Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN), harga telur ayam ras yang sudah di atas Rp 30.000 per kilogram (kg) itu, adalah rekor tertinggi sepanjang sejarah republik ini berdiri.

Namun demikian, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta masyarakat untuk tidak meributkan harga telur ayam yang sudah meroket di atas Rp 30.000 per kg di sejumlah daerah.

Baca juga: Gelar Gathering, BPJAMSOSTEK Ajak 50 Perusahaan Lindungi Pekerja

Baca juga: Pencairan BLT di Desa Aniungan Balangan Tertunda, Temukan Kasus KPM Double Data 

Ia malah membandingkan harga telur ayam yang disebut pedagang tertinggi dalam sejarah itu dengan misi dagang yang berhasil dicapai dari India.

Sementara itu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional mencatat, harga telur mencapai Rp 54.000 per kg di Merauke Papua, atau yang paling mahal di Tanah Air.

Bantahan Mendag Sementara saat menghadiri Rapat Kerja Komisi VI DPR, Zulhas membantah harga telur ayam merupakan yang paling mahal dalam sejarah Indonesia.

Dia bilang harga telur paling tinggi yaitu ketika dia resmi menjabat menjadi Menteri Perdagangan. "Ndak, waktu saya baru jadi menteri Rp 32.000 (per kg)," kata Zulhas.

Di kesempatan lain, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi S Luktio mengatakan, harga telur naik saat ini cukup dirasakan dampaknya oleh industri makanan dan minuman (mamin) yang skala kecil.

Sebab dijelaskan Adhi, industri mamin skala kecil biasanya membeli stok bahan baku bersifat harian sehingga ketika ada beberapa bahan baku yang naik tiba-tiba seperti telur membuat mereka tidak kuat bertahan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved