Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pelayanan Paspor Meningkat, Kanwil Kemenkumham Kalsel Usulkan UKK Imigrasi di Balangan Jadi Kanim

Kanwil Kemenkumham Kalsel mengusulkan UKK Imigrasi di Balangan ditingkatkan statusnya menjadi Kanim setelah melihat meningkatnya pelayanan Paspot

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk BPost
Pelayanan keimigrasian di UKK Balangan terus meningkat sejak diresmikan, Jumat (26/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak resmi dioperasionalkan pada Rabu (22/6/2022), pelayanan keimigrasian Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi di Kabupaten Balangan makin sering dimanfaatkan oleh masyarakat Balangan dan sekitarnya. 

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus mengatakan, saat ini rata-rata ada sebanyak 30 masyarakat yang mengakses pelayanan keimigrasian di UKK Keimigrasian di Balangan setiap harinya. 

"Sudah rata-rata 30 layanan khususnya terkait paspor per hari," kata Junita dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Jumat (26/8/2022).

Layanan tersebut termasuk pelayanan pembuatan paspor baru, perpanjangan masa berlaku hingga penggantian paspor karena hilang atau rusak. 

Baca juga: Warga Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Antusias Bikin Paspor karena Didatangi Petugas Imigrasi

Baca juga: Pelayanan UKK Imigrasi Balangan Resmi Dibuka, Pembuat Paspor di Bumi Sanggam Lebih Dekat

Jumlah itu sudah hampir mencapai 10 persen dari total rata-rata pelayanan keimigrasian pada dua Kantor Imigrasi di lingkup Kanwil Kemenkumham Kalsel yakni Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Batulicin. 

Dimana setiap hari rata-rata pelayanan keimigrasian pada dua Kantor Imigrasi di Kalsel mencapai 350 hingga 400 perhari. 

Dengan adanya peningkatan volume pelayanan keimigrasian khususnya terkait paspor didorong kembali meningkatnya jumlah jemaah umrah, Kanwil Kemenkumham Kalsel mengupayakan UKK Imigrasi di Balangan untuk ditingkatkan menjadi Kantor Imigrasi. 

Selain makin menunjang pelayanan keimigrasian, adanya Kantor Imigrasi di Balangan juga diyakini dapat memperkuat fungsi pengawasan aspek keimigrasian di kawasan Balangan dan sekitarnya. 

Usulan tersebut juga sudah disampaikan oleh Junita bersama jajaran ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI. 

Lebih spesifik usulan disampaikan dan dikonsultasikan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Keimigrasian, Supartono dan Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Amran Aris.

“Hal-hal tersebut menjadi usulan dari Kanwil Kemenkumham Kalsel, mengingat animo pelayanan keimigrasian yang cukup tinggi di Kalimantan Selatan baik dalam hal pengawasan WNA/TKA serta pelayanan paspor yang didominasi permintaan untuk Umroh dan Haji,” ujar Junita Sitorus.

Baca juga: Covid-19 Melandai, Pemohon Paspor di Kalsel Tembus 2 Ribu Lebih Sebulan

Usulan dan konsultasi ini mendapat sambutan baik, Sekretaris Direktorat Jenderal Keimigrasian, Supartono mengatakan, usulan tersebut harus ditindaklanjuti dengan sejumlah proses. 

“Untuk peningkatan UKK  Balangan menjadi Kantor Imigrasi, perlu adanya survei dari  P2L untuk telaahan, jika memenuhi syarat maka bisa diusulkan untuk mendapat persetujuan,” kata Supartono. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved