Berita Banjarmasin

Rumah Ambles di Kelayan B Kota Banjarmasin, Penghuni Hanya Sempat Selamatkan Laptop

Rumah bertingkat dua di Jalan Kelayan B, Kompleks Ar Raudhah, Banjarmasin, Kalsel, ambles dan masuk air, penghuni hanya selamatkan laptop.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MIA MAULIDYA
Kondisi rumah ambles di Jalan Kelayan B, Kompleks Ar Raudhah RT 6 RW 01, Kelurahan Kelayan Timur, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (27/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rumah bertingkat dua di Jalan Kelayan B, Kompleks Ar Raudhah RT 6 RW 01 No 26, Kelurahan Kelayan Timur, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, ambles.

Penuturan Lia, penghuni rumah, peristiwa tersebut terjadi saat Jumat (26/08/2022) sekitar pukul 20.00 Wita.

Saat kejadian, dirinya sedang berada di tengah rumah sedang menonton televisi bersama sang anak, dan tidak lama suami nya datang pulang kerja.

"Saat membukakan suami pulang kerja dan masuk ke dalam rumah, terdengar suara kretekan patah dan pada itu suami mengajak keluar rumah," ucapnya, Sabtu (27/8/2022).

Dalam hitungan detik, lanjut dia, rumah langsung ambles, "Terdengar bunyi kretekan patah 3 kali. Pada saat kretekan terakhir rumah langsung ambles," tuturnya.

Baca juga: Terlibat Balap Liar di Kawasan Rantau Baru, Ratusan Pengendara Motor Digiring Ke Mapolres Tapin

Baca juga: Nasib Kakek 70 Tahun di Desa Jambu Baru Batola Misterius, Warga Lakukan Ritual Bagandang Nyiru 

Menurut Lia, dari kejadian tersebut hanya bisa menyelamatkan laptop.. Sedangkan barang-barang lainnya tidak sempat menyelamatkan.

"Baju, surat-surat berharga saja tidak sempat menyelamatkan. Barang yang sempat terselematkan hanya laptop. Bahkan kunci motor saja ikut tenggalam di dalam rumah," kata dia.

Pada saat kejadian rumah ambles tersebut, kunci pagar tertinggal di dalam rumah. "Syukurnya, ada seorang pria tidak tahu siapa, tiba-tiba menaiki pagar dan mencoba memasuki rumah dan mengambil kunci pagar," jelasnya.

Sementara itu, Anshari, pemilik rumah sekaligus ayah dari Lia, mengatakan, saat kejadian tersebut dirinya sedang tidak berada di rumah.

"Setelah Magrib, keluar rumah jalan-jalan sama istri dan baru mengetahui kabar saat rumah sudah ambles," pungkasnya.

Baca juga: Tepergok Warga Gasak Radio Orari Dalam Mobil, Pemuda 19 Tahun di Tapin Diserahkan ke Polisi

Baca juga: Dilaporkan Lakukan Penganiayaan, Pemuda di Tabalong Diciduk Polisi di Rumah, Motifnya Gegara Ini

Dia berkata, rumah tersebut di tempatinya sudah sekitar 24 tahun. "Rumah dibeli saat sudah jadi dan tidak mengetahui kualitas bangunannya," jelas dia.

Menurut Anshari, rumah tersebut ambles sekitar 1 meter dalamnya. "Karena amblesnya dalam sekali, langsung ke air," imbuhnya.

Terpisah, Yossie, anggota BPBD Kota Banjarmasin, mengatakan, kondisi rumah ambles diduga di sekitaran lokasinya  merupakan anakan sungai.

Selain itu, sambungnya, dilihat dari isi rumah di bagian atas tingkat dua terdapat beberapa barang-barang berat, di antaranya adalah lemari.

"Malam hari, kami belum ada mengevakuasi barang karena minimnya penerangan," pungkas dia.

( Banjarmasinpost.co.id/Mia Maulidya)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved