Berita Tanahbumbu

Ratusan PPPK Kabupaten Tanah Bumbu Belum Terima Gaji, Banyak yang Terpaksa Berutang

Pegawai PPPK Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masih belum terima gaji, sehingga terpaksa utang ke keluarga dan teman untuk keperluan sehari-hari.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
TAUFIK UNTUK BPOST
Ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diambil sumpah dan kemudian terima Surat Keputusan (SK) dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Tepat dua bulan, pegawai yang baru menerima SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel), belum terima gaji. 

Aktif sejak 7 Juli 2022 lalu, ratusan PPPK masih belum menerim gaji mereka. Terhitung sudah dua bulan yakni Juli dan Agustus ini. Ada ratusan PPPK yang terima SK, mulai dari tenaga teknis disejumlah dinas, perawat hingga guru. 

Lantaran belum terima gaji, mereka pun banyak berutang sana-sini untuk memenuhi keperluan sehari-hari yang sudah dua bulan berjalan ini. 

Misalnya saja guru yang satu ini, mengaku terpaksa meminjam uang ke pihak keluarga dan teman untuk bisa memenuhi keperluan di rumah. Termasuk, keperluan susu anaknya.

Baca juga: Ferdy Sambo Ajukan Banding Setelah Putusan Dipecat , Kapolri Jendral Listyo Sigit Buka Suara

Baca juga: Kecelakaan Maut di Jalan A Yani Km 1 Banjarmasin Kalsel, Satu Pengemudi Motor Tewas

Cara itu adalah satu-satunya, karena tabungan sudah terkuras habis dan hanya bergantung pada gaji. 

"Belum ada kabar gajihan. Sudah dua bulan ini. Jadi terpaksa harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan di rumah, termasuk susu anak-anak," kata pegawai PPPK ini yang enggan namanya disebutkan. 

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanbu, Rusdiansyah, belum lama tadi mengatakan, gaji semuanya diserahkan ke dinas teknisnya sesuai penempatan. Jika guru, berarti Dinas Pendidikan. 

"Kalau tidak salah, itu anggarannya masuk di APBD Perubahan," katanya.

Baca juga: Pria Diduga Bandar Judi Diringkus Petugas Polres Tanah Bumbu Kalsel

Baca juga: Semakin Memprihatinkan, Keretakan Lantai Jembatan Paringin Timbulkan Lubang 

Terpisah, Kepala Disdik Tanbu, Eka Saprudin, saat dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Minggu (28/8/2022), tak membantah dengan kondisi pegawai PPPK yang belum terima gaji. 

"Masih menunggu penggunaan Anggaran Perubahan. Karena, gajinya dianggarkan pada APBD Perubahan, " katanya. 

Diketahui, APBD Perubahan sudah disahkan. Setelah bisa digunakan nggaran perubahannya, maka dinas akan langsung mengajukan pembayaran dan berharap pada pekan ini sudah bisa dibayarkan. 

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved