Kapuas Kota Air

Vaksinasi Booster Kedua untuk Tenaga Kesehatan RSUD Kapuas

Tenaga kesehatan dan juga karyawan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas menerima boosters kedua dalam upaya untuk mencegah Covid-19.

PEMKAB KAPUAS
Hikmayanti dan Tim Vaksinator RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA KAPUAS – Manajemen RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo di Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melaksanakan vaksinasi booster kedua bagi karyawan dan tenaga kjesehatan.

Pelaksanaan rogram kesehatan bagi yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 booster pertama ini bertempat di Lantai 2 Gedung Paviliun RSUD dr H. Soemarno Sosroatmodjo, sejak Senin (22/8/2022) hingga Rabu (24/8).

Vaksinasi merupakan proses memasukkan vaksin dalam tubuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu.

Dengan menerima vaksin, maka, seseorang tersebut akan memiliki gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.

Disampaikan Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM, selaku Kabid. Keperawatan dan Ketua Tim Vaksinator RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap.

Dokter Daniel Liando, Sp.OG, menerima vaksinasi 28082022.
Dokter Daniel Liando, Sp.OG, menerima vaksinasi.

Itu ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan, melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster).

Surat edaran ini ditujukan kepada para kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota serta kepala/direktur rumah sakit (RS) dan kepala/pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di seluruh Indonesia.

Selain itu, terkait jenis vaksin Covid-19 apa saja yang dapat digunakan sebagai vaksin dosis keempat atau booster kedua, Kemenkes menjawab pertanyaan tersebut lewat Surat Edaran nomor SR.02.06/C/3632/2022.

Isinya, tentang Regimen Vaksinasi Covic-19 Dosis Lanjutan Kedua (Booster ke-2) Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Dokter  Jumatil Fajar, MHlthSc, menerima vaksinasi 28082022.
Dokter Jumatil Fajar, MHlthSc, menerima vaksinasi.

Mengutip dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada enam bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap.

Karenai tu, perlu pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Pemberian vaksinasi booster ini juga telah disarankan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

"Semoga dengan dilakukannya vaksinasi booster kedua ini semakin meningkatkan kekebalan terhadap virus Covid-19 bagi seluruh tenaga kesehatan khususnya yang bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sesuai dengan anjuran pemerintah pusat, sehingga pandemi ini segera berakhir dan seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas dapat hidup sehat beraktifitas seperti sedia kala," pungkasnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved