Daya Pikat Pantai Cemara Asri

Wisata Kalsel : Cenderung Sepi, Kalah Pamor dengan Pantai Batakan Baru Dikelola Pemkab Tanahlaut

Pantai Batakan Baru di desa yang sama berimbas secara langsung terhadap eksistensi Pantai Batakan (lama) menjadi Pantai Batakan Cemara Asri.

Penulis: Idda Royani | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id
Inilah salah satu warung kuliner di Pantai Batakan Cemara Asri Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Detak waktu memang bisa mengubah segalanya. Begitu pula dengan nasib Pantai Batakan (lama) di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Catatan banjarmasinpost.co.id, Minggu (28/8/2022), kemunculan Pantai Batakan Baru di desa yang sama berimbas secara langsung terhadap eksistensi Pantai Batakan (lama) yang kini berubah namanya menjadi Pantai Batakan Cemara Asri.

Kunjungan di Pantai Batakan Cemara Asri susut drastis. Pemandangan kontras terlihat di Pantai Batakan Baru yang kian hari kian diminati dan kerap membeludak pada momen akhir pekan apalagi pada hari libur nasional.

Pantai Batakan Baru letaknya memang lebih dekat. Pesisir pantainya pun juga berada pada bentang pesisir yang sama. Pembedanya yakni pada pengelolaan. Pantai Batakan Cemara Asri dikelola Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel, sedangkan Pantai Batakan Baru dikelola oleh Dinas Pariwisata Tala.

Sarana prasarana di Pantai Batakan Baru juga lebih lengkap karena tiap tahun terus dipoles oleh Dispar Tala. Hal itu kian menjadi magnit bagi wisatawatan seperti adanya dermaga panjang, tempat bermain anak, gazebo, mushola, toilet umum, resort, area parkir khusus, dan lainnya.

Baca juga: Baca BPost Hari Ini 28 Agustus 2022, Kupas Tuntas Sulitnya Mendapatkan Tiket Umrah

Baca juga: Wisata Kalsel : Teramat Teduh Rindang, Sepanjang Bentang Pantai Terpayungi Pohon Cemara

"Memang kalau bicara kunjungan, saat ini tergolong sepi. Kalah dengan kunjungan di Pantai Batakan Baru," ucap Mahyu, warga Desa Batakan yang juga membantu mengelola Pantai Batakan Cemara Asri.

Menurutnya antara lain upaya yang dapat dilakukan untuk mendongkrak kembali kunjungan yakni mengembalikan posisi pintu gerbang seperti dulu yakni di depan.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved