Daya Pikat Pantai Cemara Asri

Wisata Kalsel : Pacu Kunjungan Wisatawan, Warga Pengelola Berharap Pemerintah Turun Membantu

Saat ini kunjungan ke Pantai Batakan Cemara Asri masih gratis karena belum dibuka secara resmi oleh BKSDA.

Penulis: Idda Royani | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id
Pantai Batakan Cemara Asri begitu rindang dan teduh oleh banyaknya tegakkan pohon cemara yang tumbuh menjulang tinggi di pesisir pantai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Keberadaan Pantai Batakan Cemara Asri di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), saat ini jauh berbeda dengan kondisi puluhan tahun silam.

Jika dulu objek wisata berjarak 40 kilometer dari Pelaihari--ibu kota Tala--tersebut selalu menjadi destinasi utama wisatawan di Kalsel, kini pamornya telah meredup. Pantauan Minggu (28/8/2022) misalnya, kunjungan juga tak seberapa.

Pantai Batakan Cemara Asri atau Pantai Batakan (lama) telah kehilangan pengunjung setianya. Kondisinya kini tergolong sepi, pengunjung berpindah ke Pantai Batakan Baru yang masih berada pada deretan pantai yang sama.

Hal itu menjadi pemikiran tersendiri bagi warga Batakan yang menjadi pengelola Taman Wisata Alam (TWA) di bawah koordinasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel itu.

"Kami mengharapkan pemerintah bisa turun membantu melengkapi sarana prasarana penunjang yang masih sangat kurang di Pantai Batakan Cemara Asri," sebut Ahmadi, ketua RT 16 Desa Batakan sekaligus ketua Kelompok Masyarakat Maju Bersama.

Pengelola Pantai Batakan ini menuturkan sarana penunjang yang diperlukan antara lain dermaga.

"Kalau saja ada dermaga tentu bakal menjadi daya tarik tersendiri seperti halnya di Pantai Batakan Baru yang ada dermaganya," sebut Ahmadi.

Selain itu juga perlu spot-spot berfoto. Pasalnya saat ini para pengunjung selalu cekrak-cekrek mengabadikan tiap momen sehingga tempat yang unik menarik untuk berfoto menjadi sarana yang diperlukan juga.

Dikatakannya, saat ini kunjungan ke Pantai Batakan Cemara Asri masih gratis karena belum dibuka secara resmi oleh BKSDA. Pihaknya juga terus berupaya melakukan penataan terutama menjaga kebersihan pantai.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved