Berita Balangan

Jembatan Paringin Kabupaten Balangan Makin Rusak, Pengendara Serasa Uji Nyali Saat Melintasinya

Dinas PUPR Kabupaten Balangan kirim surat ke BPJN Kalsel tentang kerusakan Jembatan Paringin yang membuat pengendara khawatir melintasinya.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Pengendara melintas bagian rusak pada Jembatan Paringin di Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (29/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Rusak lagi, Jembatan Paringin di Jalan A Yani 0 KM, Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (29/8/2022).

Telah beberapa kali, jembatan di jalur Jalan Trans Kalimantan ini mengalami kerusakan. Sedangkan kondisi sekarang ini, semakin mengkhawatirkan.

Bahkan sebagian pengguna jalan yang melintas di atas jembatan rusak tersebut mulai ragu untuk lewat.

Bagian lantai jembatan yang retak dan sempat dipasangi pelat baja kini mulai membentuk cekungan. Selain itu, pelat baja yang terpasang pun sudah tak beraturan. 

Penurunan pada lantai jembatan diperkirakan mencapai 20 cm. Kondisi ini juga menyebabkan pengendara harus lebih hati-hati.

Baca juga: NEWS UPDATE : Peluang Banding Ferdy Sambo Usai Dipecat dari Polri, Kemungkinannya Kecil Dikabulkan

Baca juga: Delapan Orang Terlibat Perjudian Diamankan Polres Kotabaru Kalsel

Baca juga: Rumahnya Digeledah, IRT di Banjarbaru Kalsel Ini Sembunyikan 28 Paket Sabu di Kotak Kaca Mata

Beberapa warga merasa ngeri saat melintas di jembatan tersebut. Tak sedikit juga yang bergumam dan merasa kalau lewat di bagian Jembatan Paringin yang rusak seolah uji nyali. 

Ada pula pengendara yang minta bantuan oleh petugas yang berjaga di jembatan untuk melewati bagian lantai jembatan, karena tidak berani. 

Perlambatan arus di Jembatan Paringin tidak bisa terelakan, apalagi saat waktu pagi, siang dan sore. Dimana pengguna jalan lebih banyak melintas pada waktu tersebut. 

Petugas dari Satlantas Polres Balangan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan secara bergantian melakukan penanganan arus lalu lintas, agar tetap berjalan lancar. 

Baliho peringatan kondisi jembatan yang sedang rusak parah juga terpasang di atas Jembatan Paringin. Ada pula pemberitahuan agar kendaraan roda enam ke atas tidak melintas di sana.

Baca juga: Polres Kotabaru Ungkap Peti di Desa Sangsang, Pelaku Diduga Garap Lahan Konsesi PT Arutmin

Baca juga: Kasasi Rooswandi Salem Ditolak MA,  Mantan Sekda Tanbu Ini Dijebloskan Ke Lapas Batulicin

Baca juga: Info Cuaca Besok 30 Agustus 2022, Banjarmasin, Jakarta dan Jabar Bakal Diguyur Hujan

Perihal penanganan cepat jembatan ini hingga sekarang belum dilakukan. Namun, Dinas PUPR Balangan sudah mengirim surat pemberitahuan yang berisi tentang kondisi terkini kerusakan Jembatan Paringin

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Balangan, Rina Ariyani, menyampaikan, pihaknya mengirim surat ke Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Kalimantan Selatan ( BPJN Kalsel) yang memiliki kewenangan terhadap jembatan itu. 

Dalam surat tersebut diinformasikan kondisi terkini Jembatan Paringin yang sudah mengalami cekungan, hingga kedalaman 20 cm.

"Untuk penanganan secara teknis dari BPJN wilayah Kalsel dan kami melaporkan kepada mereka tentang kondisi lantai jembatan sudah terjadi penurunan sekitar 20cm pada segmen yang ditutup plat baja," terang Rina. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved