Kuliner Kalsel

Saus Bahan Kelapa Pingaran Kalsel Patut Dicoba, Rasanya Manis Gurih Jadi Teman Makan Jengkol

Saus kecoklatan yang biasa untuk cocolan makan jengkol disebut juga dengan lalaan atau lazim juga dikena dengan sebutan (maaf) tahi lala.

Penulis: Salmah | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id
Proses pemasakan santan kental yang menghasilkan lalaan sebagai saus cocolan jengkol dan juga kuliner tradisional Banjar lainnya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saus kecoklatan yang biasa untuk cocolan makan jengkol disebut juga dengan lalaan atau lazim juga dikena dengan sebutan (maaf) tahi lala. Nah, saus yang rasanya manis 'lamak' ini membuatnya ternyata perlu waktu lama.

Bagaimana cara membuatnya? Begini tahapan prosesnya. Buah kelapa diparut kemudian diperas untuk menghasilkan air santan kental.

Santan kental tadi dimasak sampai airnya habis dan mengeluarkan minyak. Lantas dicampur gula putih agar berasa manis.

Tapi tidak semudah membaca tulisan ini, sebab prosesnya hingga menjadi lalaan itu butuh waktu setidaknya lima jam pemasakan sambil sesekali diaduk.

Baca juga: Isu Kenaikan Harga BBM, Antrean Pembeli di Sejumlah SPBU Kota Banjarmasin Dinilai Masih Normal

Baca juga: Antisipasi Kasus HIV/AIDS Meningkat, Wagub Jabar Uu Ruzhaul Ulum Sarankan Lelaki Berpoligami

Ridwan, pembuat saus lalaan warga Desa Pingaran Ilir, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, mengatakan, biasanya ia memasak santan sejak lepas Subuh hingga jelang siang.

"Lima jam bahkan lebih, memasaknya di atas wajan besar berbahan bakar kayu," ujarnya.

Setiap hari Ridwan memproduksi lalaan dengan bahan baku sebanyak 80 biji kelapa. Lalaan ini sebagai penyerta dalam pembelian jengkol (jaring) yang juga ia produksi.

"Jengkol biasa dijual secara eceran Rp 10 ribu per 10 biji. Selain untuk dikonsumsi sendiri, banyak pula yang dijual kembali di Martapura atau Banjarmasin," jelasnya.

Selain untuk saus cocolan saat menyantap jengkol, lalaan juga menjadi saus pelengkap saat makan kuliner tradisional Banjar macam kue petah dan jaring beras. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved