Berita Batola

Apresiasi Desa Brilian, Bank BRI Serahkan Ratusan Bibit Hingga Beasiswa untuk Desa Binaan di Batola

Tiga wilayah binaan Branch Office (BO) Bank BRI Marabahan menerima sejumlah apresiasi, mulai dari pemberian bibit tanaman produktif hingga beasiswa

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
Muhammad Tabri untuk BPost
Penanaman bibit jeruk dalam program BRI Menanam di Desa Brilian, Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Rabu (31/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Tiga wilayah binaan Branch Office (BO) Bank BRI Marabahan menerima sejumlah apresiasi, mulai dari pemberian bibit tanaman produktif hingga beasiswa. 

Baru-baru tadi, tiga desa yang menerima bantuan yakni Desa Karang Bunga, Desa Danda Jaya, Kecamatan Mandastana dan Desa Sidorejo Kecamatan Tamban.

Penyerahan berupa 450 pohon bibit tanaman produktif berupa jeruk dan beasiswa pendidikan untuk anak-anak berprestasi pelaku UMKM. 

Pemberian bibit jeruk ini sendiri dimaksudkan untuk bisa menjadi tanaman yang memberikan nilai positif bagi kesejahteraan masyarakat dikemudian hari. 

Baca juga: Ranggaman Masih Jadi Pilihan Saat Panen Padi di Batola Kalsel, Ini Alasan Petani

Baca juga: Peduli Lingkungan, Pemdes Banua Hanyar Batola Gelar Lomba Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah

Terlebih lagi di tiga desa tersebut lahannya memang cocok dan dikenal sebagai penghasil jeruk. 

Disampaikan Sadmiadi, RCEO Regional office Banjarmasin, kegiatan ini bertujuan sebagai wujud nyata dukungan BRI terhadap kelestarian lingkungan sekaligus memberi apresiasi terhadap Desa Brilian di bawah binaan BRI Branch Office Marabahan. 

"Desa-desa Brilian di wilayah BO Marabahan ini menggambarkan prototype desa masa depan. Karena telah mengimplementasi financial inclusion dengan mulai menerapkan berbagai jenis kegiatan transaksi keuangan secara digital," terangnya. Rabu (31/8/2022). 

Menurutnya, di desa-desa tersebut juga telah terbilang istimewa, karena terdapat para pelaku usaha UMKM tangguh, Agen BRILINK, Agen Ultra Mikro, Bumdes yang menghasilkan produk inovatif, hingga Local Heroes.

"Dan tak kalah penting tentunya kolaborasi antara BRI, Perangkat Desa, Akademisi dan Dinas Terkait dalam upaya membangun perekonomian di desa-desa ini," timpalnya, saat menghadiri penanaman bibit di Desa Karang Indah. 

Untuk itu, pihaknya pun terus memberikan perhatian dan pembinaan terhadap desa Brilian, terutama bagi mereka yang turut sebagai pelaku usaha UMKM dan Nasabah KUR.

Baca juga: Komisi II DPRD Kabupaten Batola Nilai Desa Sepakat Bersama Layak Jadi Percontohan DRPPA

Sementara itu, diungkapkan Agus Supriadi, pengurus Bumdes di Desa Karang Bunga, pihaknya turut senang dengan perhatian yang diberikan BRI terkait desa binaan ini. 

Karena sangat membantu dan mempermudah terlaksananya pelayanan transaksi digital dengan QRIS di Bumdes yang mereka kelola. 

"Jadi dengan QRIS ini sekarang penggunaannya mudah, aman dan efisien. Karena tansaksi belanja lebih praktis dan masyarakat juga sudah banyak yang menggunakan," pungkas Agus. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved