Berita Balangan

Perbaikan Jembatan Paringin Kabupaten Balangan Dimulai, Jalur Alternatif Disiapkan

BPJN Kalsel siapkan jalur alternatif saat Jembatan Paringin diperbaiki. Pada 2023, BPJN bangun jembatan yang berdempetan dengan Jembatan Paringin.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Pekerja mulai melaksanakan perbaikan pada Jembatan Paringin di Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (30/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kerusakan terjadi lagi pada Jembatan Paringin di Jalan A Yani 0 Km, Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Padahal, baru saja diperbaiki.

Rencana perbaikan pada jembatan di jalur Jalan Trans Kalimantan ini pun mulai disusun. Pengerjaan ditargetkan selama dua bulan.

Dampaknya, terjadi pengalihan arus lalu lintas lagi selama pengerjaan jembatan berlangsung. Terutama untuk angkutan berat. 

Pada proses perbaikan yang dilakukan Balai Pelaksana Jalan Nasional ( BPJN Kalsel), fokus pada penanganan segmen jembatan yang rusak. 

Perbaikan awal dilakukan selama dua minggu untuk penguatan penempatan pelat baja yang dipasang pada segmen yang rusak. Lalu, perbaikan berlanjut untuk penanganan jangka panjang terhadap jembatan tersebut.

Baca juga: Jembatan Paringin Balangan Ditutup, Jalur Alternatif Hanya untuk Kendaraan Roda Dua dan Empat

Baca juga: Jembatan Paringin Kabupaten Balangan Makin Rusak, Pengendara Serasa Uji Nyali Saat Melintasinya

Baca juga: Identitas Mayat Mengapung di Sungai Barito Kabupaten Batola Akhirnya Diketahui

Mengenai rencana perbaikan, telah dibahas dalam pertemuan di kantor Pemkab Balangan di Kota Paringin.

Sementara itu, Kepala BPJN Wilayah Kalsel, Syauqi Kamal, menerangkan, pihaknya akan menyiapkan kondisi jembatan yang layak dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat semasa perbaikan. 

"Penanganan pertama akan segera kami mulai, sambil mempersiapkan jembatan darurat saat proses pembongkaran beton," bebernya,  Selasa (30/8/2022).

Pihak BPJN Kalsel akan menyiapkan struktur jembatan yang nanti bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat, sehingga dibuatkan jalur pada segmen yang rusak dengan lebarnya sekitar 2,5 meter sementara perbaikan. 

Mengenai pengaturan lalu lintas saat proses penanganan jembatan dimulai, tergantung kesepakatan bersama, entah buka tutup atau jalur satu arah.

Baca juga: Malam Ini Disetop, Distribusi Air PTAM Bandarmasih ke Wilayah Banjarmasin Selatan

Baca juga: Resmi Naik per 1 September 2022, Ini Tarif Baru Air untuk Pelanggan PTAM Bandarmasih

Baca juga: Divonis 1 tahun penjara, Ini Jawaban Suami Bandar Arisan Online di Banjarmasin Saat Ditanya Hakim

Kemudian, dilakukan pengecoran ulang terhadap segmen jembatan yang rusak. Digunakan zat kimia yang kekuatan cornya lebih cepat.

Target perbaikan selama dua bulan, namun BPJN Kalsel akan berupayakan supaya bisa lebih cepat sehingga bisa segera dilintasi lagi. 

Kemudian, Syauqi juga menyampaikan tentang pengaturan lalu lintas semasa jembatan diperbaiki. Saat ini dari pihaknya hanya memiliki jalur alternatif melalui Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk angkutan berat.

Rencana lebih jauh, BPJN wilayah Kalsel punya program pembangunan jembatan kembar pada Jembatan Paringin. Posisinya, berdampingan. Pengerjaannya pada 2023. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved