Kemenko Perekonomian

Perdagangan Bebas Disetujui, Menko Airlangga Ungkap Persetujuan RCEP Buka Akses Pasar Baru

Skema RCEP merupakan sebuah perjanjian perdagangan bebas, yang mencakup 10 negara ASEAN dan 5 negara mitra ASEAN

Editor: Hari Widodo
Kemenko Perekonomian
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menggelar konferensi pers secara virtual di Singapura, Selasa (30/08/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Indonesia terus memperkuat perannya di kancah dunia melalui berbagai langkah-langkah extraordinary yang dilakukan.  Mulai dari keberhasilan dalam menangani krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang diakui dunia, hingga peran penting dalam Presidensi G20 tahun 2022.

Selain itu, Indonesia juga tengah mempersiapkan diri menyongsong keketuaan di ASEAN pada tahun 2023 nanti.

Dalam Konferensi Pers yang digelar secara virtual di Singapura, Selasa (30/08/2022), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa inisiatif yang disampaikan Indonesia dalam keketuaan ASEAN tahun 2011 yakni persetujuan Regional Comprehensif Economic Partnership (RCEP) telah disetujui oleh DPR RI dalam sidang paripurna pada tanggal 30 Agustus 2022.

Skema RCEP merupakan sebuah perjanjian perdagangan bebas, yang mencakup 10 negara ASEAN dan 5 negara mitra ASEAN yaitu Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

“RCEP merupakan inisiatif Indonesia pada keketuaan ASEAN tahun 2011 lalu. RCEP menjadi blok perdagangan terbesar yang mencakup 27 persen dari perdagangan dunia, 29

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved