Kapuas Kota Air

Tim Pemusnah Arsip Lakukan Pemusnahan Arsip Retensi Dibawah 10 Tahun

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas memusnahkan arsip dengan cara dicacah dengan menggunakan mesin.

PEMKAB KAPUAS
Kepala Disarputaka Kabupaten Kapuas, Komari, bersama Inspektur Pembantu Wilayah IV, H Fitrayanto Suriadinata dan saksi lainnya melihat secara langsung pemusnahan arsip dengan retensi di bawah 10 tahun pada Unit Kearsipan Sekretariat Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Rabu (31/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA KAPUAS -  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas mengadakan kegiatan penyusutan arsip.

Untuk itu, dilakukan pemusnahan arsip dengan retensi di bawah 10 tahun pada unit Kearsipan Sekretariat Disarpustaka Kabupaten Kapuas.

Caranya, arsip tersebut dicacah menggunakan alat pencacah kertas, berlangsung di Aula Disarpustaka Kabupaten Kapuas , Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (31/8/2022).

Adapun upaya pemusnahan arsip tersebut dilakukan oleh Tim Pemusnah Arsip yang dipimpin Sekretaris Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Ansyari.

Turut menyaksikan, Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Komari, Inspektur Pembantu Wilayah IV, H Fitrayanto Suriadinata.

Kepala Disarputaka Kabupaten Kapuas Komari, Inspektur Pembantu Wilayah IV H Fitrayanto Suriadinata dan lainnya pada kegiatan pemusnahan arsip dengan retensi di bawah 10 tahun pada Unit Kearsipan Sekretariat Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Rabu (31/8/2022).
Kepala Disarputaka Kabupaten Kapuas Komari, Inspektur Pembantu Wilayah IV H Fitrayanto Suriadinata dan lainnya pada kegiatan pemusnahan arsip dengan retensi di bawah 10 tahun pada Unit Kearsipan Sekretariat Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Rabu (31/8/2022). (PEMKAB KAPUAS)

Selain itu, Pengelola Fasilitas Hukum Setda Kapuas Junjung dan Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Disarpustaka, Rupawansyah.

Disampaikan Komari bahwa pemusnahan arsip dengan retensi di bawah 10 tahun ini dilakukan pertama di lingkungan Kapuas'>Disarpustaka  Kapuas. Nantinya, juga dilakukan di tiap Perangkat Daerah.

Kegiatan penyusutan arsip ini dilakukan berpedoman pada peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) nomor 37 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusutan Arsip dan Surat Peraturan Bupati Kapuas nomor 28 tahun 2019.

Serta, Surat Bupati Kapuas nomor: 034.35/1166/Disarpustaka/VI/2022 tanggal 30 Juni 2022.

“Kegiatan pemusnahan arsip yang dilakukan ini memiliki yaitu arsip tidak memiliki nilai guna, telah habis masa retensinya dan berketerangan musnah berdasarkan jadwal retensi arsip, tidak ada peraturan perundang-undangan yang melarang dan tidak berkaitan dengan penyelesaian proses suatu perkara,” ungkap Komari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved