BPost Cetak

Daerah Tunggu Mekanisme Pengalihan Subsidi BBM, Sopir Merasa Belum Pernah Didata

Akan ada tiga jenis bantuan yang diberikan pemerintah dengan total dana yang disediakan untuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun

Editor: Hari Widodo
BPost Cetak
BPost Cetak edisi Kamis (1/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO,ID - Pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial sebagai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Secara resmi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM untuk pertama kalinya di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022).

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyerahkan BLT kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Diketahui, akan ada tiga jenis bantuan yang diberikan pemerintah dengan total dana yang disediakan untuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun.

Pertama, bantuan langsung tunai (BLT) yang akan diberikan kepada 20,65 juta kelompok atau keluarga penerima manfaat (KPM). Nilai bantuannya sebesar Rp 600 ribu.

Kedua bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600 ribu. Subsidi ini ditujukan bagi para pekerja dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan. Dan terakhir, bantuan untuk membantu transportasi di daerah.

Khusus bantuan transportasi, pemerintah daerah akan menggunakan anggaran sebesar 2 persen dari dana transfer umum yaitu Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) dalam bentuk subsidi transportasi.

Dana sebesar Rp 2,17 triliun disalurkan untuk membantu sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek, sampai nelayan.

Mengenai bantuan transportasi di daerah menjadi kabar bahagia bagi Anwar. Tukang ojek yang biasa mangkal di eks pasar Bauntung Banjarbaru ini mengaku bantuan di masa sekarang ini sangat diperlukan.

Komentar yang sama diungkapkan Amin, salah satu sopir angkot hijau yang juga angkutan pelajar di Banjarbaru.

“Selama ini bantuan hanya untuk yang miskin, miskinnya yang seperti apa, sopir angkot kini juga sudah lelah dengan sulitnya penumpang,” urainya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved