Berita Balangan

Pengelola Perpustakaan se-Balangan Ikut Pembinaan yang Diadakan Dispersip Kalsel

Sebanyak 50 orang pengelola perpustakaan se-Kabupaten Balangan, bersama yang lainnya se-Kalsel, mendapat pembinaan dari Dispersip Kalsel.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Pengelola perpustakaan mengikuti pembinaan yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip Kalsel) di Aula Inpektorat Kabupaten Balangan, Kota Paringin, Kamis (1/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan ( Dispersip Kalsel) menggelar kegiatan di Aula Inspektorat Kabupaten Balangan di Kota Paringin, Kamis (1/9/2022).

Pesertanya sebanyak 50 orang pengelola perpustakaan se-Kabupaten Balangan.

Mereka terlibat dalam pembinaan perpustakaan kabupaten dan kota se-Kalsel, mendapatkan pembelajaran perihal aspek penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan berstandar nasional.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar, Kamis (1/9/2022), mengatakan, pembinaan ini untuk menyosialisasikan ataupun mengedukasi mengenai pengelolaan perpustakaan yang berstandar nasional.

Kegiatan pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan perpustakaan yang diarahkan kepada standar nasional  perpustakaan yang meliputi standar koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana. 

Baca juga: Tim Inafis Polres Tanbu Kalsel Pastikan Jenazah Korban KM Teman Niaga, Ini Identitas Korban

Baca juga: Diduga Korban KM Teman Niaga, Satu Jenazah Dievakuasi KRI Tongkol dari Perairan Kotabaru Kalsel

Baca juga: BREAKING NEWS : Satu Korban KM Teman Niaga Kembali Ditemukan di Perairan Kotabaru Kalsel

Selain itu juga tentang standar pelayanan perpustakaan  tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan serta standar pengelolaan. 

"Kegiatan pembinaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan pencapaian indeks pembangunan literasi masyarakat tertinggi di Kalsel, serta Indeks Kegemaran Membaca (IKM) Indonesia," terang Wildan. 

Pembinaan perpustakaan kali ini juga melibatkan para pengelola perpustakaan dari instansi pemerintah, swasta dan sekolah di Kabupaten Balangan.

Sehingga ke depan, harapnya, semua perpustakaan bisa menjalankan perpustakaan yang berstandar nasional. 

Sementara itu, Kepala Dispersip Balangan, Tamrin, menyampaikan, pihaknya berharap pembinaan perpustakaan ini bisa mendorong peningkatan standar pengelolaan.

Baca juga: Tolak Kenaikan BBM Bersubsidi, Begini Alasan Nelayan di Kotabaru Kalsel

Baca juga: Resmi Tetapkan Prof Ahmad Alim Bachri  Rektor Terpilih ULM 2022-2026, Begini Pesan  Ketua Senat ULM

Baca juga: Sikapi Tuntutan Mahasiswa, DPRD HST Nyatakan Tetap Komitmen Kawal Pemberantasan Perjudian Aruh Adat

“Targetnya adalah perpustakaan di Balangan bisa seluruhnya mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional,” ucap Tamrin. 

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan pula mengenai komponen menuju akreditasi perpustakaan, yaitu Koleksi buku, Sarpras, Pelayanan perpustakaan.

 

Termasuk, SDM (Tenaga Perpustakaan dan Kompetensi atau Pustakawan), Penyelenggaraan perpustakaan (struktur organisasi) dan Penguat atau inovasi di perpustakaan. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved