Religi

Ustadz Abdul Somad Beberkan Amalan di Malam Jumat, Rutin Baca Al Mulk, Yasin dan Waqiah

Membaca Al Mulk, Yasin dan Waqiah baik dilakukan di malam Jumat. Ustadz Abdul Somad mengungkapkan kebaikan mengamalkan ketiga surah tersebut.

Editor: M.Risman Noor
Capture Taman Surga Net
Ustadz Abdul Somad terangkan soal amalan sunnah di malam Jumat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Membaca Al Mulk, Yasin dan Waqiah baik dilakukan di malam Jumat. Ustadz Abdul Somad mengungkapkan kebaikan mengamalkan ketiga surah tersebut.

Banyak keutamaan dari membaca surah Alwaqiah, Al Mulk dan Yasin di malam Jumat.

Namun tidak di malam Jumat pun tak masalah dibacakan.

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, keempat surah ini memiliki keistimewaan masing-masing.

Baca juga: Ingat Qobliyah Ashar 2 Rakaat, Buya Yahya Ingatkan Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Baca juga: Hukum Amalan Baca Surat Yasin di Malam Jumat, Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Surah Alkahfi, jika dibaca pada Kamis malam atau malam Jumat, pagi, siang dan sore Jumat, maka Allah akan memberikan cahaya kepada pembacanya.

Dalam hal ini bukan bisa melihat dengan mata, tetapi dengan cahaya. Mata kita normal, bisa melihat, tetapi jika sekeliling kita gelap gulita, kita tak bisa melihat apa-apa. Oleh sebab itu diperlukan cahaya agar terang dan kelihatan sekeliling kita,” sebutnya.

Cahaya ini diberikan Allah selama sepekan dari Jumat saat kita membacanya hingga Jumat depannya.

Manfaat lainnya dari membaca surah ini adalah mampu membuat kita membedakan tipu muslihat Dajjal.

Dajjal disebutkan bisa meniru mukjizat Nabi Isa, yaitu bisa menghidupkan mayat.

“Dia tunjuk-tunjuk saja ke langit, turun hujan. Tunjuk ke tanah, tumbuh tanaman. Tunjuk ke mayat, hidup dia. Bisa dia hidupkan mayat seperti mukjizatnya Nabi Isa. Nabi Isa palsu dia ini. Oleh sebab itu, jika kita membaca Surah Alkahfi, Allah akan memberikan kita kemampuan membedakan dan menghindari tipu daya Dajjal,” jelasnya lagi.

Kemudian manfaat membaca Surah Alwaqiah adalah Allah akan menjaga kita dari segala kesusahan, kemiskinan dan kemelaratan hidup.

Warga Tahanan Polres Tapin Rutin Gelar Baca Surat Yasin. Amalan membaca Yasin, Waqiah dan Al Mulk dipaparkan Ustadz Abdul Somad bagus dilakukan di malam Jumat.
Warga Tahanan Polres Tapin Rutin Gelar Baca Surat Yasin. Amalan membaca Yasin, Waqiah dan Al Mulk dipaparkan Ustadz Abdul Somad bagus dilakukan di malam Jumat. (banjarmasinpost.co.id/stan)

Menurutnya, hadis ini lemah atau dhaif.

Dengan membacanya bukan berarti surah ini mantra yang bisa membuat hidup kita akan terhindar dari kesusahan, tetapi dengan membacanya bisa dijadikan bahan perenungan untuk menumbuhkan keyakinan bahwa kesusahan kita akan hilang.

Ustadz Abdul Somad berikan penjelasan tentang amalan di malam Jumat. (youtube BELAJAR MENGAJI)

Selanjutnya adalah manfaat membaca Surah Almulk.

Dalam sebuah hadis sahih, disebutkan jika membacanya maka Allah akan menghindarkan dan menyelematkan kita dari siksa kubur.

Kemudian manfaat membaca Surah Yasin, biasanya umat Islam Indonesia senang membacanya malam Jumat.

Menurutnya, di sebuah hadis Nabi Muhammad dijelaskan siapa yang membaca Surah Yasin malam hari, maka subuhnya dosa-dosanya akan diampuni.

“Di hadis itu tak dijelaskan membacanya harus malam apa. Cuma disebutkan di satu malam, berarti bisa malam apa saja. Bagus lagi kita baca tiap malam, kalau tak bisa juga minimal sepekan sekali lah tiap malam Jumat,” terangnya. (banjarmasinpost.co.id)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved