Yayasan Adaro Bangun Negeri

YABN Budayakan PHBS Melalui Sosialisasi CTPS di PAUD Tabalong dan Balangan

Untuk periode Juni hingga Agustus 2022 ini, YABN telah melakukan edukasi CTPS di 46 PAUD/TK yang tersebar di dua Kabupaten yaitu Tabalong dan Balangan

Editor: M.Risman Noor
YABN
Yayasan Adaro Bangun Negeri melakukan edukasi CTPS di salah satu PAUD Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) terus menggalakkan sosialisasi gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat di wilayah operasional Adaro khususnya Kabupaten Tabalong dan Balangan.

Untuk periode Juni hingga Agustus 2022 ini, YABN telah melakukan edukasi CTPS di 46 PAUD/TK yang tersebar di dua Kabupaten yaitu Tabalong dan Balangan.

“Program CTPS merupakan salah satu dari Program Kerja Pemerintah sesuai dengan target Universal Access 2030,” kata Marthina Jessica Timisela, Koordinator Adaro Nyalakan Raga YABN.

Ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (31/8) Jessica juga mengatakan bahwa YABN sangat mendukung Program Pemerintah.

“YABN memaksimalkan kontribusinya, salah satunya dengan turut berpartisipasi menyelenggarakan rangkaian kegiatan edukatif berupa penyuluhan dan praktik CTPS ke masyarakat sekitar” jelasnya.

Edukasi CTPS dilakukan YABN di PAUD Tabalong dan Balangan.
Edukasi CTPS dilakukan YABN di PAUD Tabalong dan Balangan. (YABN)

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa edukasi dan praktik mengenai CTPS sebaiknya diajarkan sejak dini pada anak di jenjang PAUD untuk membentuk karakter anak yang sejalan dengan pembelajaran Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) yang juga diterapkan YABN kepada PAUD- PAUD Binaan.

Edukasi tersebut disambut baik oleh guru-guru PAUD, salah satunya PAUD Terpadu Negeri Pembina Awayan Kabupaten Balangan.

“Kami sangat senang dengan adanya sosialisasi atau edukasi CTPS ini. Setelah pandemi COVID-19 menurun, anak-anak mulai lupa untuk cuci tangan pakai sabun, sehingga dengan sosialisasi YABN ini membiasakan kembali anak untuk cuci tangan pakai sabun,” ungkap Khairunnisa, Kepsek PAUD Terpadu Negeri Pembina Awayan.

Hal senada juga diungkapkan oleh TK Pertiwi Halong. “Sosialisasi ini membantu kami untuk merefresh kembali cara cuci tangan yang benar dan membudayakan kembali PHBS,” jelas Nurjanah, Kepsek TK Pertiwi Halong.

Edukasi CTPS dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri di Tabalong dan Balangan.
Edukasi CTPS dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri di Tabalong dan Balangan. (YABN)

Selain dilakukan kepada PAUD, edukasi CTPS tersebut juga telah diberikan kepada tiga Pondok Pesantren binaan YABN dan juga diperluas kepada masyarakat di 25 Desa melalui kegiatan bulanan Posyandu pada masing-masing desa tersebut.

Selama periode Juni hingga Agustus 2022, YABN telah mengedukasi sebanyak 3746 orang yang terdiri dari 829 warga desa, 1778 siswa PAUD dan 1139 santri.

Setelah kegiatan ini, diharapkan semua pihak yang mendapatkan edukasi dapat membiasakan CTPS dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, rumah dan fasilitas umum, serta dapat menularkan kepada lebih banyak orang lagi sehingga PHBS menjadi budaya bersama. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved