Sport

Rektor Cup Catur Sudah Menjadi Tradisi ULM,  Prof Sutarto Hadi : Jangan Sampai Hilang

Sebayak 130 atlet catur dari Kalsel mengikuti pertandingan catur cepat terbuka Rektor Cup VII ULM

Penulis: Noorhidayat | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Noorhidayat
Turnamen catur cepat terbuka Rektor Cup VII Universitas Lambung Mangkurat (ULM) se-Kalimantan Selatan, Sabtu (3/9/2022) di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebayak 130 atlet catur dari Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti pertandingan catur cepat terbuka Rektor Cup VII Universitas Lambung Mangkurat (ULM) se-Kalimantan Selatan, Sabtu (3/9/2022) di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat.

Pertandingan ini digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu 3 - 4 September 2022. Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke-64 ULM.

"Hari ini kita menyelenggarakan rektor cup yang ketujuh. Jadi ini merupakan agenda rutin," ucap Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof Dr H Sutarto Hadi MSi MSc, seusai membuka Rektor Cup VII secara simbolis.

Menurut Sutarto Hadi, pertandingan untuk atlet itu sangat penting, untuk tetap menjaga kebugaran, serta kesiapan mereka dalam permainan catur.

"Dan itu penting juga untuk menambah jam terbang mereka. Jadi kami sangat serius untuk membina atlet catur di Kalimantan Selatan, ini terutama upaya kita untuk mengembalikan kejayaan catur di Kalimantan Selatan," ujar Sutarto Hadi yang juga sebagai Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Selatan.

Baca juga: Tingkatkan Efektivitas, Cabor Catur NPC Kota Banjarmasin Gelar Latihan pada Malam Hari

Baca juga: Taklukkan Sesama Pecatur Banjarbaru di Final, Master Fide Miftah Pertahankan Gelar Juara Kejurprov

Sebagai Ketua Percasi Kalsel, ia menyampaikan juga sudah mempersiapkan atlet-atlet untuk dikirim mengikuti kejuaraan-kejuaraan, baik nasional maupun internasional.

"Contohnya beberapa kejuaraan sudah diikuti oleh atlet kita junior dan senior.  Kemarin di Bangka Belitung, kemudian di Serang Banten, di Jakarta, terakhir di Mandalika Nusa tenggara barat," sebutnya.

"Kami juga sedang mempersiapkan diri untuk mengirim atlet pada kejurnas,  yang akan diselenggarakan di bulan Desember, di Jakarta," lanjutnya.

Sutarto Hadi berharap, jika nanti dirinya sudah tidak menjabat lagi sebagai rektor, kejuaraan catur ini tetap dapat dilanjutkan.

"Semoga tetap akan terus dipertandingkan. Kita kan tetap bisa ber audiensi dengan rektor yang baru, bahwa ini adalah agenda rutin terutama kegiatan ini digelar menjelang diesnatalis Universitas Lambung Mangkurat," pesannya.

"Kita berharap rektor baru tetap memiliki kepedulian terhadap olahraga. Tradisi ULM, jangan sampai hilang, penting untuk kalsel," tukasnya.

Untuk diketahui, beberapa hari yang lalu, Prof Ahmad Alim Bachri , Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini terpilih menjadi Rektor ULM yang baru, setelah berhasil mengumpulkan suara terbanyak dalam Pemilihan Rektor ULM 2022.

Ahmad Alim mengungguli dua pesaing lain, seperti Dr Achmad Syamsu Hidayat dan Prof Dr Aminuddin Prahatama Putra.

Dari 103 pemilik hak suara, Alim memperoleh sebanyak 68 suara. Sementara Achmad Syamsu Hidayat mengumpulkan 25 suara dan Aminuddin Prahatama Putra 10 suara.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved