Wisata Pemancingan Ikan Rawa di Batola

Wisata Kalsel - Kecamatan Kuripan, Spot Pemancingan di Kabupaten Barito Kuala

Wisata Kalsel. Rawa-rawa dengan banyak ikan di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, jadi spot pemancingan.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI
Pemancing di Taluk, Desa Jambu Baru, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (4/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Meski belum resmi dinobatkan sebagai wisata pemancingan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala ( Batola), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sudah menjadi tujuan banyak pemancing.

Mereka merasakan sensasi tarikan berbagai ikan rawa air tawar. Sebut saja, ikan betok atau papuyu, haruan atau gabus, sepat siam, kapar dan lainnya.

Tak terhitung, bahkan hampir setiap hari ada pemancing yang mendatangi sejumlah pilawa atau spot pemancingan desa yang ada di sana, baik warga lokal Kabupaten Batola maupun luar daerah. 

Kondisi ini biasanya akan lebih ramai pada akhir pekan, puluhan pemancing biasanya berjejer memasang joran untuk mendapatkan ikan sekaligus merasakan tarikannya.

Baca juga: Harga BBM Naik, Tarif Wisata Naik Kelotok di Banjarmasin Ikut Naik Sebesar Rp 50 Ribu

Baca juga: Harga BBM Naik, Sopir Angkot di Banjarmasin Singgung Kenaikan Tarif Penumpang

Baca juga: Residivis Ditangkap Anggota Polda Kalsel di Gambut Kabupaten Banjar, Sembunyikan Sabu Hampir 2 Ons

Baca juga: Masuk ke Kolong Truk, Seorang Pengendara Tewas di Gunung Kupang Kota Banjarbaru

Baca juga: Video Bocah 15 Tahun Dikeroyok di Bendung Karang Intan, Ibu Korban Khawatir Pelaku Dendam

Kawasan kecamatan kuripan yang berada di utara Kabupaten Batola merupakan kawasan hutan rawa-rawa yang berair hampir di sepanjang tahun, sehingga menjadi habitat ikan air tawar. 

Baik itu yang hidup alami di alam bebas, maupun dipelihara warga setempat dalam parit atau yang biasa disebut masyarakat lokal sebagai subur ikan. 

"Dari dulu, daerah ini memang penghasil ikan, jadi sudah tidak asing lagi kalau mancing di sini jadi hal yang menyenangkan," ucap Ibak, anggota Komunitas Pemancing Batola (KPB). 

Tapi di samping itu lanjutnya, memancing di Kecamatan Kuripan juga harus teliti karena ada sumur yang dipelihara dan harus izin atau berbayar, selain itu juga ada yang bebas dipancing.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved