Tabalong Terdepan

Kades se-Tabalong Ikuti Bimtek Pengadaan Barang Jasa, Bupati : Kepala Desa Harus Tahu Tata Caranya

Bimtek tata cara pengadaan barang/jasa pemerintahan desadigelar untuk seluruh Kepala Desa (kades) se-kabupaten Tabalong

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Bimtek tata cara pengadaan barang dan jasa pemerintahan desa berdasarkan Perbup Tabalong nomor 22 tahun 2022 digelar untuk seluruh Kepala Desa (kades) se-kabupaten Tabalong, Selasa (6/92022), di Gedung Informasi Pemban. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG- Bimtek tata cara pengadaan barang/jasa pemerintahan desa berdasarkan Perbup Tabalong nomor 22 tahun 2022 digelar untuk seluruh Kepala Desa (kades) se-kabupaten Tabalong, Selasa (6/9/2022), di Gedung Informasi Pembangunan.

Tujuannya agar pengadaan barang dan jasa di desa bisa efektif dan efisien untuk kelancaran pelayanan publik dan pembangunan desa.

Kepala bagian pengadaan barang/jasa Setda Tabalong, Subhan, menjelaskan, pembangunan desa merupakan langkah strategis untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Baik berupa pembangunan pembangunan manusianya atau pembangunan fisik.

Pembangunan fisik yang dilakukan dapat berupa pengadaan sarana prasarana yang tentunya harus diimbangi dengan peran pengadaan barang dan jasa yang baik.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat beri arahan
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat beri arahan pada bimtek pengadaan barang jasa bagi kades se Tabalong.

"Kegiatan pengadaan barang dan jasa di desa bukan bertujuan untuk menghasilkan barang/jasa yang mengutamakan keuntungan.Tetapi bersifat memberikan pelayanan kepada masyarakat, oleh karena itu, dibutuhkan barang/jasa untuk meningkatkan pelayanan publik," tegasnya.

Dalam pelaksanaan bimtek kali ini, tambahnya, untuk berikan gambaran informasi dan wawasan terkait pengelolaan keuangan pada APBDes dan tata cara pengadaan barang dan jasa di desa.

Sedangkan tujuannya agar kades menguasai dan memahami pengelolaan keuangan dalam APBDes serta mengerti dan memahami pengadaan barang dan jasa di desa berdasarkan peraturan Bupati nomor 22 tahun 2022 tentanb tata cara pengadaan barang dan jasa di desa.

Sementara itu Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, dalam arahannya, juga mengingatkan para kades agar mengetahui tata cara pengadaan barang dan jasa di desa.

Untuk itu, bimbingan teknis tata cara pengadaan barang dan jasa yang digelar ini diharapkanya bisa diikuti kades dengan serius.

"Sepulangnya dari bimtek ini, semua pengetahuan tata cara pengadaan barang dan jasa harus disampaikan ke perangkat desa karena mereka yang membantu. Bimtek ini juga untuk membekali kepala desa supaya tidak dibodohi oleh jajarannya," tandas bupati.

Kades se Kabupaten Tabalong ikuti Bimtek tata cara pengadaan barang dan jasa pemerintahan desa berdasarkan Perbup Tabalong nomor 22 tahun 2022, Selasa (6/9/2022), di Gedung Informasi Pembangunan.
Kades se Kabupaten Tabalong ikuti Bimtek tata cara pengadaan barang dan jasa pemerintahan desa berdasarkan Perbup Tabalong nomor 22 tahun 2022, Selasa (6/9/2022), di Gedung Informasi Pembangunan. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Selanjutnya, setelah mengetahui tata cara pengadaaan barang jasa ini maka kades harus bisa segera lakukan percepatan pengadaan barang dan jasa di desa masing-masing.

Soalnya, percepatan ini dapat menimbulkan efek multiplier, dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa. (aol)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved