Kapal Titanic

Tenggelam Lebih 1 Abad Lalu, Ini Penampakan Terbaru Kapal Titanic, Direkam Tim Ekspedisi 2022

Berikut penampakan Kapal Titanic yang tenggelam 1 abad lebih atau 110 tahun lalu, direkam oleh tim ekspedisi

Editor: Irfani Rahman
(OceanGate Expeditions via SCIENCE ALERT)
Penampakan terbaru bagian haluan kapal Titanic yang tenggelam di dasar laut. Kapal Titanic diketahui tenggelam lebih dari 1 abad lalu saat pelayaran perdananya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Terekam penampakan terbaru Kapal Titanic secara jelas oleh rekaman tim ekspedisi bawah laut di 2022 ini. Terlihat penampakan kapal yang tenggelam lebih dari 1 abad lalu atau 110 tahun.

Kapal Titanic adalah salah satu kapal terbesar yang tenggelam lebih dari 1 abad lalu.

Pamor Kapal Titatic pun meroket setelah film Titanic yang dibintangi Leonardo Dicaprio sukses.

Terlepas dari itu semua Kapal Titanic merupakan kapal mewah yang tenggelam saat pelayaran perdananya.

Baru-baru ini terekam penampakan Kapal Titanic terbaru dan sangat jelas kondisinya.

Baca juga: 2 Pengedar Narkoba Asal Jawa Timur Diciduk di Denpasar, Edarkan Dengan Sistem Tempel

Baca juga: dr Zaidul Akbar Bongkar Rahasia Sisik dan Kulit Ikan, Sumber Kolagen dan Kekebalan Tubuh

Menariknya, tim merekam ekspedisi mereka dengan video berkualitas tertinggi sehingga mampu mengungkap detail kapal ikonik yang tenggelam pada tahun 1912 dalam pelayaran perdananya.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (6/9/2022) rekaman merupakan video 8K pertama dan satu-satunya di dunia yang merekam bangkai kapal bawah laut.

Tak heran jika kemudian video tersebut mampu menunjukkan detail luar biasa kapal yang akan membantu arkeolog kelautan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tingkat pelapukan Titanic.

Stockton Rush, dari OceanGate Expeditions, organisasi di balik ekspedisi ini juga mengungkapkan video akan mendukung para ilmuwan dalam mengidentifikasi kehidupan laut yang berkembang di dalam dan di sekitar kapal karam yang terletak di kedalaman sekitar 3810 meter ini.

Lebih lanjut, rekaman baru dari tim Ekspedisi Titanic 2022 ini mengidentifikasi detail baru yang mencengangkan dari kapal mewah yang tenggelam di dasar lautan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Misalnya saja, Rory Golden, pakar Titanic dari OceanGate Expeditions dalam siaran persnya. Ia menyebut belum pernah melihat nama pembuat jangkar Noah Hingley & Sons Ltd, di jangkar sisi pelabuhan.

Baca juga: Harga BBM Terbaru Rabu 7 September 2022 di Seluruh Indonesia, Pertalite, Pertamax Hingga Bio Solar

Baca juga: Pelaku Penganiayaan Santri Gontor asal Palembang hingga Tewas Diduga Lebih 1 Orang, Ini Kata Polisi

"Saya telah mempelajari bangkai kapal selama beberapa dekade dan telah menyelesaikan beberapa kali penyelaman. Saya tak ingat pernah melihat gambar lain yang menunjukkan tingkat sedetail ini," papar Golden.

"Sangat menarik bahwa setelah bertahun-tahun kami mungkin telah menemukan detail baru yang sebelumnya tak begitu jelas karena direkam dengan teknologi kamera generasi terdahulu," tambahnya lagi.

Golden mengatakan salah satu klip yang paling menakjubkan dalam rekaman itu menunjukkan boiler kapal atau ketel uap berujung tunggal yang jatuh di dasar laut ketika kapal Titanic terbelah menjadi dua dan tenggelam pada 110 tahun lalu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved