Kampusiana

Kader PKK di Tanjung Rema Darat Kota Martapura Latihan Mengelola Sampah Rumah Tangga

Kader PKK di Tanjung Rema Darat Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, mendapat pelatihan pengelolaan sampah dari dosen Prodi Psikologi FK ULM.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
SUKMA AKAR UNTUK BPOST
Puluhan kader PKK mendapat pelatihan pengelolaan sampah di Aula Kantor Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Puluhan kader PKK di Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mendapat pelatihan pengelolaan sampah.

Sebanyak 24 orang mengikuti kegiatan itu di Aula Kantor Kelurahan setempat.

Anggota tim dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Meydisa Utami Tanau, Kamis (8/9/2022), mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan kepedulian perempuan pada lingkungan.

Serta, menumbuhkan kesadaran perempuan tentang sikap dan kemampuan manajemen sampah domestik berbasis agama, psikologi, dan lingkungan.

Baca juga: Tak Bisa Beli Pertalite di SPBU Karena HP Jadul, Sopir di Tanahlaut Terpaksa Pilih BBM Eceran

Baca juga: Disidang di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Pegawai Pegadaian Rantau Ini Selewengkan Rp 2,8 Miliar

Baca juga: VIDEO Terjadi Lagi Bangunan Ambles, Kali Ini Ruko 2 Lantai di Pekapuran Raya Banjarmasin

Kader PKK juga diberi motivasi untuk pemberdayaan diri, terkait peningkatan pengetahuan lingkungan, melalui manajemen sampah.

 

Dan terakhir, memberikan dukungan sosial bagi warga Kelurahan Tanjung Rema Darat khususnya para perempuan untuk memulai gerakan peduli lingkungan.

"Sampah domestik atau rumah tangga ini yang mengelola mayoritas oleh kaum ibu. Jadi, pemahaman pemilahan sampah hingga membuang sampah perlu disampaikan kepada para ibu," ujarnya.

Selain pelatihan terkait pengelolaan sampah, kader PKK Kelurahan Tanjung Rema Darat juga diberi keterampilan dengan menggunakan aplikasi permainan PEDULI di telpon pintarnya.

Baca juga: Warga Banjarbaru Keluhkan Tarif Air Bersih, Aditya Minta Direktur PTAM Intan Banjar Lakukan Ini

Baca juga: Berawal Chat Mesra dengan Perempuan Lain, Pertengkaran Pasutri di Tabalong Berujung ke Polisi

Baca juga: PNS Kasubag Pengawasan di Bawaslu Banjarmasin Jadi Korban Pencatutan Nama dan NIK oleh Parpol

Sementara itu, Lurah Tanjung Rema Darat, Ahmad Syaukani, menyambut hangat kegiatan pengabdian yang dilaksanakan jajaran Prodi Psikologi FK ULM di wilayahnya. 

“Kami sangat berterima kasih atas atas hadirnya dosen dan mahasiswa dari Program Studi Psikologi FK ULM. Ibu-Ibu di kelurahan ini tentunya akan mendapatkan informasi mengenai permasalahan lingkungan secara umum dan pengetahuan tentang manajemen sampah,” ucapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved