Breaking News:

DPRD Kalsel

Komisi 1 DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Wisata Alam Pujon Kidul Malang

Rombongan Komisi 1 DPRD Kalsel dan Dinas PMD kunjungan kerja ke Desa Pujon Malang mempelajari BUMDes mengelola pariwisata.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
DINAS PMD KALSEL
Penyerahan kenang-kenangan dalam kegiatan kunjungan kerja Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke Unit Usaha BUMDes Sumber Sejahtera Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Senin (5/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan melakukan kunjungan kerja, Senin (5/9/2022).

Kegiatan ini dalam rangka studi komparasi pengembangan dan pemanfaatan potensi alam.

Lokasi yang dituju adalah Unit Usaha BUMDes Sumber Sejahtera Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. 

Rombongan Komisi I DPRD Kalsel didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel sebagai mitra kerja.

Ketua Komisi I, Hj Rachmah Norlias, Kamis (8/9), mengatakan, dipilihnya Pujon Kidul  sebagai lokasi studi banding berdasarkan pertimbangan bahwa desa tersebut berhasil menggerakkan dan meningkatkan potensi alammya.

Dialog Komisi I DPRD dan Dinas PMD kalsel di Pujon Kidul Malang Senin (05092022).
Dialog Komisi I DPRD dan Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan dengan jajaran Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, pemerintah kabupaten dan desa di Balai Pertemuan Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Senin (5/9/2022).

Desa Pujon Kidul juga mengantongi sejumlah penghargaan nasional dan ASEAN. 

"Kami melihat pelaksanaan BUMDesa di sana dilaksanakan seluruhnya oleh masyarakat, dan peran kepala desa hanya sebagai pendorong," ujarnya.

Sedangkan BUMDesa di Pujon Kidul, ungkapnya, bergerak dengan memerhatikan kearifan lokal setempat, yakni pariwisata.

Masyarakat melalui BUMDesa melakukan usaha perkebunan, peternakan, homestay, kolam renang, tempat wisata.

"Karena memang di Pujon Kidul itu strategis untuk wisata, pengelolaan wisata di sana sangat baik oleh BUMDesa dan lengkap," ujarnya.

 

Pada BUMDesa di Pujon Kidul, lanjut Hj Rachmah Norlias, pendapatan BUMDesa mencapai Rp 1 miliar se tahun.

"Jadi, kami harapkan dari Dinas PMD Kalsel agar bisa membuat saru BUMDesa percontohan yang benar-benar swakelola oleh masing-masing wilayah dan meningkatkan partisipasi masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa Dinas PMD Kalsel, Muhammad Agus Fariady, mengungkapkan, kegiatan ini sebagai media pembanding.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved