Kapuas Kota Air

Lima Damang Kepala Adat Kecamatan Dilantik dan Dikukuhkan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat

Bupati Ben Brahim S Bahat smelantik dan mengukuhkan lima orang Damang Kepala Adat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (8/9/2022).

PEMKAB KAPUAS
Bupati Ben Brahim S Bahat saat melantik dan mengukuhkan lima orang Damang Kepala Adat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (8/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA KAPUAS – Sebanyak lima orang Damang Kepala Adat dari sejumlah kecamatan, dilantik dan dikukuhkan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Kamis (8/9/2022).

Kegiatannya dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kapuas, masing-masing adalah dari  Kecamatan Selat, Kecamatan Bataguh, Kecamatan Dadahup, Kecamatan Timpah dan Kecamatan Pasak Talawang.

Turut hadir, Sekda Kapuas Septedy, Ketua Harian Dewan Adat Dayak, Unsur Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah dan sejumlah Camat.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya setelah melantik dan mengukuhkan para Damang,  menyampaikan beberapa hal.

Di antaranya, para Damang agar memahami dengan betul apa yang menjadi tugas dan fungsi ke depannya, sehingga tidak menyimpang dari aturan yang telah ditetapkan.

Bupati kapuas Ben Brahim di acara pelantikan lima orang Damang Kepala Adat Kamis (08092022).
Bupati Ben Brahim saat menyampaikan sambutan, setelah melantik dan mengukuhkan lima orang Damang Kepala Adat, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (8/9/2022).

Kemudian, dirinya ingin terjaganya kekompakan di masing-masing kecamatan, baik itu antara Camat, Tripika, Damang dan seluruh tokoh.

Semua pihak harus betul-betul solid dalam menjaga solidaritas, menjaga kebersamaan, karena dengan keberadaan Damang diharapkan kedamaian dan kerukunan masyarakat Kabupaten Kapuas juga terjaga.

“Atas nama pribadi, Pemerintah Kabupaten Kapuas dan masyarakat, menyampaikan selamat kepada para Damang yang telah dilantik resmi menjadi Damang Kepala Adat. Sudah tentu saya berpesan, apa yang menjadi tugas para Damang, yakni membantu masyarakat di wilayahnya dapat dilaksanakan dan selalu berkoordinasi dengan Camat,” harap Ben.

Ditambahkan, dengan kehadiran Damang di suatu Kecamatan, Bupati Ben Brahim juga mengharapkan agar segala sesuatu perselisihan dapat diselesaikan secara adat terlebih dulu, supaya tidak merepotkan pihak-pihak lainnya.

“Kita tadi sudah mendengar, bagi orang Dayak, sudah biasa agama di dalam suatu rumah berbeda-beda. Sekali lagi,  harapan kita adalah tetap terjaganya kebersamaan dan solidaritas antar masyarakat Kapuas,” tutup Bupati Ben Brahim mengakhiri sambutannya.

Bupati kapuas Ben Brahim S Bahat bersama lima Damang Kepala Adat Kamis (08092022).
Bupati Ben Brahim S Bahat, bersama forkopimda dan lima Damang Kepala Adat yang baru saja dilantik dan dikukuhkan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (8/9/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kapuas, Yanmarto, dalam laporannya menyampaikan para Damang Kepala Adat yang dilantik dan dikukuhkan.

Mereka adalah Manli D Apil selaku Damang Kepala Adat Kecamatan Selat, Darmandi selaku Damang Kepala Adat Kecamatan Bataguh, Sampet selaku Damang Kepala Adat Kecamatan Dadahup.

Kemudian, Buder Siram selaku Damang Kepala Adat Kecamatan Timpah dan Alberkat Yadi selaku Damang Kepala Adat Kecamatan Pasak Talawang. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved