Berita Balangan

Siswa SMPN 3 Batumandi Diajak Permainan Tradisional, Ajarkan Cinta Budaya Lokal

Siswa SMPN 3 Batumandi Balangan diajak permainan tradisional yang tersedia pada fasilitas olahraga di SMPN 3 Batumandi

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Siswa SMPN 3 Batumandi nampak seru mengikuti permainan tradisional yang dikenal dengan permainan hagaan di halaman SMPN 3 Batumandi, Jumat (9/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Tawa ceria siswa di SMPN 3 Batumandi begitu terdengar saat mereka asyik bermain permainan tradisional yang tersedia pada fasilitas olahraga di SMPN 3 Batumandi,  Jumat (9/9/2022).

Bukan hanya siswa, para guru pun ikut membaur bermain permainan tradisional yang notabenenya sudah jarang ada pada jaman sekarang. 

Berbagai wahana permainan tradisional tersebut dibuat dan disiapkan oleh pihak sekolah.  Harapannya agar siswa lebih mengenal dan lebih mencintai berbagai permainan tradisional.

Beberapa jenis permainan yang tersedia di antaranya, Iingkaan atau Balasam, Babutaan, Bahagaan, Batungkau dan permainan tradisional lainnya.

Baca juga: Peringati Dies Natalis ke-32, FK ULM Gelar Jalan Santai Hingga Lomba Permainan Tradisional 

Baca juga: Kampung Pendamai Ramaikan Harjad ke-72 Kalsel, Puluhan Anak Tampilkan Permainan Tradisional

Tim pengembang permainan tradisional sekolah yang juga merupakan guru olahraga SMPN 3 Batumandi, Muhamad Faisal mengatakan wahana permainan tradisional, dapat meningkatkan kecintaan dan kebanggaan siswa terhadap budaya lokalnya. 

Selain itu juga bisa meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa, kerjasama dan kekompakan tim serta menambah rasa percaya dan semangat siswa.

Kegiatan ini kata Faisal,  diharapkan bisa mengurangi ketergantungan siswa terhadap gawai dan permainan online yang bisa menimbulkan dampak negatif untuk tumbuh kembang anak. 

Sementara itu,  Kepala Sekolah SMPN 3 Batumandi, Ahmadiyanto sangat mendukung dan  berterimakasih kepada semua warga sekolah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan permainan tradisional. 

Baca juga: Muslim Bertekad Kembalikan Permainan Tradisional Kalsel, Ketapel

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga berbagai permainan tradisional lainnya bisa diperbanyak dan di bumikan lagi pada SMPN 3 Batumandi," ucap Ahmadiyanto. 

Ia juga berharap SMPN 3 Batumandi bisa menjadi sentra permainan tradisional untuk jenjang SMP sederajat di Kabupaten Balangan. Harapnya pula pihak terkait lainnya bisa mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. 

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved